Gong Xi Fa Cai Artinya Bukan Selamat Tahun Baru, Lalu Apa?

INTERESTNEWS — Banyak orang mengira bahwa arti Gong Xi Fa Cai adalah Selamat Tahun Baru Imlek. Padahal arti sebenarnya adalah selamat memperoleh kemakmuran atau kekayaan. Dosen Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Jenderal Soedirman, Monika Herliana, mengafirmasi arti tersebut (Tribunnews, 26/1/2022).

Gong Xi Fa Cai (baca: kong si fa tchai) adalah ucapan yang berisi harapan dan doa pada saat tahun baru (imlek) tiba. “‘Gong Xi’ artinya ‘selamat’, sedangkan ‘Fa Cai’ artinya kemakmuran atau menghasilkan uang,” ujar Monika.

Selanjutnya, Monika mengatakan bahwa ada ucapan yang tepat saat kita merayakan Imlek. Beberapa ucapan tersebut yang ia sampaikan antara lain:

  1. Xin Nian Kuai Le (新年快乐) atau bacanya sin nien khuai le.
    ‘Xin Nian’ artinya tahun baru dan ‘Kuai Le’ artinya bahagia, sehingga secara harafiah ucapan Xin Nian Kuai Le merujuk pada tahun baru yang bahagia.
  2. Guo Nian Hao (过年好).
    ‘Guo Nian’ artinya melewati tahun baru, ‘Hao’ artinya baik. Dengan demikian arti Guo Nian Hao adalah selamat tahun baru dan dapat merayakan dengan baik dan gembira.
  3. Wan Shi Ru Yi (万事如意).
    Artinya: semua harapan dan impian dapat terpenuhi.
  4. Shen Ti Jian Kang (身体健康).
    Semoga sehat selalu.
  5. Nian Nian You Yu (年年有余).
    Semoga setiap tahun diberi panen yang berlimpah.
  6. Sui Sui Ping An (岁岁平安).
    Semoga dijauhkan dari malapetaka.

Perayaan Imlek di Jakarta cukup ramai walaupun kondisi di Jakarta masih dalam masa pandemi Covid-19. Namun demikian, masyarakarat ibukota metropolitan ini tetap antusias menyambut perayaan tahun baru Imlek ini.

Pewarta: Boy Tonggor Siahaan

Mari Bagikan
BACA JUGA:  Toleransi Antaragama Semakin Tinggi di Tengah Pendemi

One thought on “Gong Xi Fa Cai Artinya Bukan Selamat Tahun Baru, Lalu Apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *