Manfaat Buah Kolang-Kaling Bagi Kesehatan

INTERESTNEWS — Moms sudah pada kenal dengan buah yang satu ini. Dia adalah kolang-kaling. Selain rasanya yang enak, buah kolang-kaling ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Kolang-kaling adalah buah yang sering menjadi bahan untuk campuran minuman dan beberapa makanan manis seperti kolak, es buah, sampai dibuat manisan.

Buah yang berasal dari pohon aren ini memiliki warna putih, berbentuk lonjong sebesar ibu jari. Kolang-kaling juga banyak ditemukan di pasar tradisional. Apalagi saat bulan Ramadan tiba, kolang-kaling paling laris karena harganya juga cukup terjangkau.

Sudah bukan rahasia lagi, banyak orang sudah mengetahui manfaat buah kolang-kaling ini. Nah buat kalian para Moms yang belum tahu apa saja manfaat buah Kolang-kaling, berikut informasinya.

Apa saja manfaat buah kolang-kaling untuk kita Moms? Yuk kita lihat!!

Manfaat Buah Kolang-kaling sebagai pengobatan

  1. Baik Untuk Pencernaan

Kalau kita sedang sulit buang air besar, jangan bingung dan jangan langsung minum obat ya, cobalah konsumsi Kolang-kaling yang diberi sedikit larutan air gula. Agar lebih menggoda selera boleh tambahkan sedikit syrup. Buah Kolang-kaling banyak mengandung serat yang cukup tinggi, jadi sangat baik untuk melancarkan pencernaan

  1. Memperkuat Tulang

Mungkin sebagian besar dari kita sangat rajin mengkonsumsi susu karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi bagi tubuh, sehingga susu sangat bermanfaat bagi pertumbuhan terutama untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Namun susu juga memiliki bentuk kalori yang berisiko tinggi, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan kegemukan.

Nah, sebagai pengganti susu, Moms bisa mengonsumsi kolang-kaling untuk khasiat yang baik bagi tulang kita. Karena dalam 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium, sedangkan dalam setiap 100 gram susu murni mengandung 125 mg kalsium.

BACA JUGA:  Kiat Isolasi Mandiri Jika Terpapar COVID-19

Oleh karena itu manfaat buah kolang-kaling juga bisa dijadikan alternatif yang cukup baik sebagai sumber kalsium selain susu. Namun keduanya sama-sama bagus khasiatnya yaitu untuk memperkuat tulang.

  1. Mengobati Sakit Rematik

Dua penelitian di Indonesia menemukan adanya kaitan yang signifikan antara tingkat nyeri penderita rematik (terutama osteoartritis) dengan konsumsi kolang-kaling. Lansia penderita osteoartritis yang menkonsumsi buah kolang Kaling mengalami penurunan skala nyeri rematik.

Penderita osteoartritis sebelum mengonsumsi kolang-kaling mengalami skala nyeri dengan rata-rata 5,62. Setelah mengonsumsi buah ini rata-rata skala nyeri rematik turun menjadi 3,31.

Kandungan senyawa galaktomanan dalam kolang-kaling mampu memberikan efek analgesik (anti nyeri), anti peradangan, dan mengurangi kaku (spasme) pada sendi, sehingga keluhan nyeri pada penderita osteoartritis pun dapat berkurang. Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi dalam kolang-kaling sangat baik bagi tulang dan sendi.

      4. Menjaga Kadar Gula Darah

Penderita Gula Darah tinggi dan obesitas tidak perlu kuatir saat mengonsumsi buah kolang kaling karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi akan membuat lonjakan kadar gula darah apabila kita mengonsumsinya. Jadi jika kita makan buah kolang-kaling, maka kadar gula darah kita akan terjaga dengan baik.

Manfaat selain untuk pengobatan

  1. Makanan Diet

Para ahli melakukan penelitan, tiap 100 gram buah-buahan dan kolang-kaling mengandung protein sebanyak 0,69 gram, karbohidrat 4,0 gram, kadar abu 1 gram dan serat kasar 0,95 gram. Sedangkan untuk kandungan air pada buah kolang-kaling mencapai 94%. Dengan kadar air yang tinggi buah kolang-kaling menjadi sangat segar di dalam tubuh saat kita konsumsi.

Buah kolang-kaling ini juga terkandung agar-agar yang memberikan rasa kenyang bagi yang mengkonsumsinya. Bila kita sedang dalam nafsu makan yang berlebihan, maka ada baiknya kita mengonsumsi buah kolang-kaling karena akan menghilangkan nafsu makan yang berlebihan tersebut.

BACA JUGA:  Sayur Kale Kaya Gizinya dan Lezat

     2.  Sumber Vitamin

Manfaat buah kolang-kaling lainnya adalah memberikan banyak asupan vitamin bagi tubuh. Kolang-kaling mengandung vitamin A, B, dan C. Vitamin A berguna untuk memperbaiki penglihatan, vitamin B berguna untuk peremajaan kulit dan sel dalam tubuh, vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

     3.  Sumber Energi bagi Tubuh

Dalam setiap 100 gram kolang-kaling mentah terdapat 21 gram karbohidrat. Dengan demikian, kolang-kaling dapat menjadi sumber energi dadakan. Karena manfaatnya ini, buah kolang-kaling seringkali menjadi salah satu bahan makanan atau minuman saat berbuka puasa. Dengan begitu energi cepat pulih setelah puasa seharian.

     4. Sumber Kalsium yang Baik

Buah kolang-kaling bisa menjadi alternatif sumber kalsium bagi penderita intoleransi laktosa. Kondisi ini membuat tubuh penderita tidak bisa melerai laktosa, yaitu bentuk gula yang terdapat dalam susu dan produk olahannya.

Kandungan kalsium dalam kolang-kaling tidak jauh berbeda dengan kandungan kalsium dalam produk susu sapi. Jadi bagus untuk Moms yang ingin buah hatinya memiliki pertumbuhan tulang yang baik, namun juga menjaga berat badannya. Ini karena Kkolang-kaling merupakan buah yang rendah lemak.

Jadi sekarang sudah tahu kan Moms apa saja manfaat dari buah kolang-kaling untuk kesehatan?  Menyajikan kolang-kaling untuk cemilan atau sebagai dessert sepertinya mulai sekarang harus sering-sering ya Moms. Setuju Moms?

Pewarta: Santi Apriliani

 

 

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *