Waspada Cacar Monyet Sudah Dekat ke Indonesia

INTERESTNEWS — Waspada cacar monyet sudah dekat ke Indonesia. Ini bukan bermaksud menakut-nakuti, tetapi memang wabah cacar monyet sudah dekat ke Indonesia. Baru-baru ini, Singapura telah melaporkan kasus cacar monyet pertama yang terkonfirmasi di Asia Tenggara. Sementara, kasus lain telah terkonfirmasi cacar monyet di Korea Selatan.

Kasus di Singapura melibatkan seorang lelaki Inggris yang berada di negara kota itu antara 15 dan 17 Juni 2022. Dia terkonfirmasi positif terkena cacar monyet pada Senin setelah mengalami ruam kulit dan mengalami sakit kepala dan demam minggu lalu.

“Selama periode ini, dia sebagian besar tinggal di kamar hotelnya kecuali untuk mengunjungi tempat pijat dan makan di tiga tempat makan pada 16 Juni,” kata Kementerian Kesehatan Singapura, Selasa (21/6/2022) lansir CNN.

Setidaknya ada 13 orang yang melakukan kontak dekat dengan pasien pertama tersebut dan masih dilacak saat ini. Kementerian juga menambahkan bahwa dia sedang memperoleh perawatan di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), cacar monyet adalah ‘sepupu jauh’ cacar air dan memiliki masa inkubasi hingga 14 hari.

Virus tersebut telah beredar selama puluhan tahun di beberapa tempat, termasuk sebagian Afrika Barat dan Tengah.

Namun demikian, WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) telah melaporkan setidaknya lebih dari 2.500 kasus di negara di mana penyakit itu bukan endemik. Australia melaporkan kasus pertamanya pada 20 Mei. Sementara, Amerika Serikat, di mana pada hari Jumat CDC telah melaporkan lebih dari 110 kasus terkonfirmasi.

WHO baru-baru ini mengatakan akan menghapus perbedaan antara negara-negara endemik dan non-endemik untuk mencerminkan “tanggapan terpadu.”

“Kemunculan cacar monyet yang tidak terduga di beberapa daerah dengan tidak adanya hubungan epidemiologis dengan daerah yang secara historis melaporkan cacar monyet, menunjukkan bahwa mungkin ada penularan yang tidak terdeteksi untuk beberapa waktu,” kata WHO.

BACA JUGA:  Tips Hilangkan Flek di Wajah, 13 Rekomendasi

Mari kita tetap waspada cacar monyet dengan menjaga kebersihan dan protokol kesehatan. (IN)

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *