95 Rumah Rusak Terdampak Tanah Bergerak di Kab. Tegal

Kab. Tegal – interestnews – Tanah bergerak mengakibatkan setidaknya 95 rumah di Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, rusak. Imbasnya, warga terpaksa mengungsi karena rumah yang mereka huni rusak.

Di daerah itu aliran listrik terputus sementara karena tiang listrik ada yang roboh. Jalan penghubung antardesa juga mengalami kerusakan parah sehingga kendaraan tidak bisa lewat.

“Bencana tanah bergerak di Desa Dermasuci ini terjadi sejak beberapa hari lalu sampai puncaknya tadi pagi hari ini Minggu.

Dalam rentang waktu sepekan, rumah warga yang rusak meningkat signifikan dari 16 rumah menjadi 120 rumah dengan kategori rusak berat, sedang dan ringan. Bahkan sejumlah rumah ambruk rata dengan tanah akibat pergerakan tanah.

Rumah rusak yang teridentifikasi sementara 95 rumah,” kata Kepala Desa Dermasuci, Mulyanto.

Hingga hari ini, kejadian tanah bergerak masih berlangsung. Petugas dari TNI-Polri, BPBD, PMI bersama dinas terkait membantu evakuasi barang-barang milik warga ke lokasi aman.

“Karena rumah mereka rusak, para penghuninya terpaksa mengungsi. Juga mengamankan barang-barang perabotan,” terangnya.

Pengungsi akibat bencana ini mencapai 200 jiwa, terdiri dari lansia, anak-anak dan balita. Lokasi penampungan para pengungsi saat ini antara lain di gedung SDN Dermasuci 01, gedung Madrasah, rumah Kepala Desa dan rumah warga sejak Sabtu 12 Februari 2021 malam.

Tidak ada korban jiwa namun warga mengalami kerugian yang saat ini masih dalam pendataan.

Pewarta: Rokaetin

 

Mari Bagikan
BACA JUGA:  PEWARNA Jateng: Selamat Ferry Wawan Cahyono Pimpin MKGR Jateng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *