Trafo Meledak, Gudang Kayu Mebel Dilahap Api

INTERESTNEWS — Trafo meledak, sebuah gudang/pabrik kayu jati mebel milik PT. Adifurniture Aneka Kreasi mengalami kebakaran besar pada Kamis (9/9/2021) sekitar pukul 17:00 WIB. Lokasi pabrik/gudang berada di jalan Sumpah Pemuda No. 139, Tegal Arum RT 02 RW 031, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Surakarta, Jawa Tengah.

Penyebab kebakaran masih dugaan sementara akibat trafo meledak. Dari informasi hasil pantauan jurnalis INTERESTNEWS, kronologis terjadinya kebakaran sebagai berikut:

Kira-kira pukul 16:00 kantor gudang/pabrik sudah tutup.

Sekitar pukul 17:00 penjaga pabrik kayu mendengar ada trafonya meledak. Muncul percik-percik akibat ledakan tersebut, sehingga terjadi kebakaran.

Beberapa saat kemudian suara sirene mobil pemadam kebakaran (damkar) terdengar, tetapi mobil damkar belum sampai di lokasi kebakaran. Sementara itu, apinya belum padam bahkan terus menyala makin besar.

Akhirnya beberapa mobil damkar tiba di lokasi kebakaran. Pada pukul 20:00 api belum padam juga karena Tim Damkar masih kesulitan sebab angin kencang. Tim Damkar masih berusaha untuk memadamkan apinya.

Pukul 20:45 api sudah padam dan Tim Damker, Tim SAR, Tim PMI, Tim Pramuli, Tim Tagana, Tim BPDN masuk ke dalam lokasi kebakaran untuk pendinginan. Mereka menunggu apakah apinya masih ada yang menyala lagi atau sudah mati.

Jurnalis INTERESTNEWS mewawancarai sedikit dengan seorang karyawan pabrik sebagai saksi mata. Ketika ia mau pulang, ia melihat ada asap yang ia kira seperti ada orang bakar sampah. Menurutnya, waktu itu kira-kira pukul 15:30 dan kemudian pada pukul 17:30 terjadilah kebakaran besar. Ternyata kayu jati di gudang terbakar dan merembet ke kayu yang kering di sebelah gudang dan terdengar ledakan 2 kali dari trafo.

Tim Damkar masih melakukan investigasi penyebab kebakaran tersebut. Jurnalis INTERESTNEWS di lapangan belum memperoleh informasi lebih lanjut berapa kerugian materi akibat kebakaran tersebut. Sejauh ini belum ada informasi tentang korban.

BACA JUGA:  Relawan Penurun Jenazah Covid-19 di Sragen

Pewarta: Pewarna Eko

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *