Presiden RI Resmikan Bendungan Semantok di Nganjuk

Interestnews,- Presiden RI Joko Widodo resmikan Bendungan Semantok yang berlokasi di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur pada Selasa, (20/12/2022).

Peresmian ini di tandai dengan pemutaran kincir mesin air dan dilanjutkan dengan penandatangan prasasti oleh Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi.

Presiden Jokowi pada unggahan media sosial facebooknya mengungkapkan bahwa Pemerintah menargetkan pembangunan sekitar 60 bendungan sampai akhir 2024.

Presiden menyebutkan bahwa Bendungan Semantok merupakan bendungan ke-30 yang diresmikan oleh Joko Widodo selama masa jabatannya sebagai Presiden RI.

Bendungan Semantok telah dibangun sejak tahun 2017 dengan nilai investasi mencapai Rp2,5 triliun. Bendungan ini memiliki kapasistas tampungnya sangat besar yaitu 32,67 juta meter kubik dengan luas genangan 365 hektare.

Jokowi menyebutkan Bendungan ini akan mengairi sekitar 1.900 hektare sawah. Menurut dia, ketersediaan air merupakan kunci keberhasilan banyak sektor, dari pariwisata hingga pertanian.

Presiden Jokowi pun berharap Bendungan Semantok dapat memberikan manfaat bagi para petani khususnya di Kabupaten Nganjuk. Bendungan Semantok diharapkan mampu meningkatkan hasil produksi pertanian para petani dengan jumlah panen yang lebih tinggi dari biasanya.

“Kita harapkan nantinya dengan bendungan ini, mestinya yang di bawah yang nanti terairi. Kalau biasanya panen sekali bisa panen dua kali. Kalau biasanya panen dua kali bisa panen tiga kali. Biasanya enggak (panen), bisa ditanami padi misalnya, bisa panen dua kali atau tiga kali,” kata Presiden,

Mari Bagikan
BACA JUGA:  Gerakan Akar Digital Indonesia, Edukasi Pelaku UMKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *