Indonesia Memiliki Empat Provinsi Baru di Papua

Interestnews,- Indonesia memiliki empat provinsi baru di Papua. Keempatnya adalah Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat.

Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan diresmikan terlebih dulu. Rancangan undang-undang (RUU) tentang daerah otonom baru (DOB) ketiga provinsi itu disahkan pada akhir Juni 2022. Ketiga undang-undang tersebut ialah UU Nomor 14 Tahun 2022 tentang pembentukan Provinsi Papua Selatan, UU Nomor 15 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah, serta UU Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan.

Mendagri Tito Karnavian melantik tiga pejabat gubernur provinsi baru di Papua. Mereka adalah Apolo Safanpo yang dilantik menjadi menjadi Pj Gubernur Papua Selatan, Ribka Haluk menjadi Pj Gubernur Papua Tengah, dan Nikolaus Kondomo menjadi Pj Gubernur Papua Pegunungan. Jumat, (11/11/22)

Sementara itu, Provinsi Papua Barat baru saja ditetapkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya disahkan menjadi Undang-Undang (UU) melalui rapat DPR RI bersama pemerintah pada kamis (17/11/22). UU tersebut nantinya akan dicatat dalam Lembaran Negara dan Resmi diberlakukan.

“Hari ini merupakan tonggak sejarah bagi masyarakat, khususnya masyarakat wilayah Sorong Raya dan sekitarnya. Tentunya bagi Indonesia yang penuh sukacita menyambut hadirnya Provinsi Papua Barat Daya sebagai provinsi ke-38 Republik Indonesia,” Kata Tito dalam rapat paripurna DPR, Kamis(17/11/22).

kendati menyambut baik pembentukan provinsi baru Papua, Tito mengatakan, masih banyak PR yang harus dikerjakan untuk membenahi provinsi baru ini ke depan.

“Masih banyak kerjaan ke depan yang memerlukan kolaborasi kita semua, baik pemerintah, kemudian daerah, dan tentunya juga dari DPR dan DPR RI, semua pemangku kepentingan,” katanya.

Dengan bertambahnya empat provinsi baru di Papua, maka kini Indonesia punya 38 Provinsi. Berikut rincian empat provinsi baru Papua :

BACA JUGA:  Sorgum Alternatif Lain Atasi Krisis Pangan Global

Provinsi Papua Selatan mencakup empat wilayah yakni Merauke, Mappi, Asmat, dan Boven Digoel. Sementara, Provinsi Papua Tengah cakupan wilayah yaitu Nabire, Paniai, Mimika, Dogiyai, Deyiai, Intan Jaya, Puncak, dan Kabupaten Puncak Jaya. Lalu, provinsi Papua Pegunungan meliputi Jayawijaya, Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Nduga, Tolikara, Yahukimo, Yalimo, dan Kabupaten Pegunungan Bintang. Dan terakhir Papua Barat Daya cakupan wilayah yaitu Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Tambrauw, dan Kabupaten Mamberamo.

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *