Perayaan HUT RI Ke – 77 Meriah Dengan Pakaian Adat

interestnews,- Perayaan HUT RI ke – 77 merupakan sesuatu yang unik dan special mulai dari Presiden Joko Widodo hingga masyarakat meriah dengan memakai adat. Sehingga suasana HUT terasa penuh warna warni yang semarang. Atmosfir dan Aroma marwah Bhineka Tunggal Ika sungguh terasa membuat haru di sukma. Sungguh negara RI yang beragam tiada duanya di dunia. Banggalah memiliki dan menjadi bagian dari Indonesia. Sekiranya seluruh rakyat Indonesia dapat merawat dan menjaga serta memperjuangkan kekayaan yang tak ternilai ini (red). (17/8/22)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara, saat memimpin upacara peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka. Kepala Sekreariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan baju adat di HUT RI itu merupakan ide langsung dari Jokowi.

“Idenya dari beliau untuk bisa para pejabat/menteri bisa melestarikan sambil merayakan hari bersejarah,” kata Heru kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Ia mengatakan agar supaya kita bisa melestarikan mempromosikan menyampaikan kepada dunia luar bahwa kita memiliki nilai historis yang tinggi, seni yang tinggi dan patut dan wajar dilestarikan. Termasuk tidak boleh di-copy negara lain. Ini lah Indonesia.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin ikut mengenakan pakaian adat dalam upacara HUT ke-77 RI. Berbeda dengan Jokowi, Ma’ruf Amin mengenakan pakaian adat Provinsi Banten

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin ikut mengenakan pakaian adat dalam upacara HUT ke-77 RI. Berbeda dengan Jokowi, Ma’ruf Amin mengenakan pakaian adat Provinsi Banten, turut mendampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin, yang juga mengenakan pakaian adat Banten.

 

Hadir pula dalam kirab budaya, perwakilan raja-raja Nusantara dari 34 provinsi seluruh Indonesia, dari Kesultanan Aceh Darussalam, Kesultanan Kutawaringin, Keraton Pontianak, Kesultanan Gowa, hingga Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Pukul 09.00 WIB, iring-iringan kirab budaya sampai di Istana Merdeka, disambut Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA:  Mengenal Gejala Subvarian Omicron BA.4-BA.5

Prabowo juga sempat menyapa Istri Presiden keempat, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah atau Sinta Wahid. Prabowo terlihat duduk berlutut sambil berbincang dengan Sinta yang datang bersama anak keduanya, Yenny Wahid.

“Mari bersatu padu mendukung agenda besar pencapaian Indonesia Maju, dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas. Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.” Ujar Presiden Jokowi. Dirgahayu Republik Indones

Pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI di tahun-tahun sebelumnya, saya mengenakan pakaian adat daerah, dari Aceh, Sumatra Barat, Kalimantan Selatan, Sunda, Jawa, Betawi, Bali, Sasak, Bugis, dan lain-lain.

Dentuman meriam sebanyak tujuh belas kali menggelegar dari arah Taman Monumen Nasional disertai sirene panjang menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka, hari ini.

Keakraban Presiden sebelum acara Perayaan HUT RI ke – 77, bersama sang cucu mampu memberi rasa fresh dan anjoy

Pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya juga berhasil ditunaikan dengan baik oleh Paskibraka yang tergabung dalam Tim Pancasila Tangguh.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi juga dimeriahkan oleh aksi para prajurit TNI AU yang melakukan fly pass pesawat tempur di langit Istana Merdeka dengan formasi angka 77 dan aksi helikopter yang membawa bendera Merah Putih raksasa.

Setelahnya, masyarakat dan para undangan disuguhi persembahan lagu “Hari Merdeka” karya Husein Mutahar dan medley lagu daerah. Suasana peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI hari ini benar-benar meriah, semenjak Peringatan Detik-Detik Proklamasi hingga Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih.

Upacara Penurunan Bendera Sore Hari

Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih digelar di halaman Istana Merdeka, Rabu 17 Agustus 2022 sore. Hadir para pemimpin lembaga negara, Menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan TNI-Polri, hingga masyarakat umum. Upacara ini juga diikuti secara virtual oleh masyarakat.Seperti biasa kegiatan rutin di setiap HUT RI. Pertunjukan Jet Tempur F-16 Formasi 77 tidak ketinggalan. Di akhir upacara, ada pertunjukan menarik di langit istana. Yakni Manuver Garuda Flight jet tempur F-16 yang membentuk formasi 77.Hari ini, 17 Agustus 2022, saya menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 RI dengan baju Dolomani.

BACA JUGA:  Gubernur Ganjar Pranowo Ingatkan Agar Jangan Jual Jabatan

Paduan suara Gita Bahana Nusantara kembali menyanyikan lagu-lagu nasional di panggung aubade.

Sebelum upacara dimulai, masyarakat dan undangan terlebih juga dihibur dengan berbagai penampilan seni dan budaya seperti tari Saman dari Provinsi Aceh, Tari Isong Bale asal Sumbawa Barat, hingga tari Isosolo dari Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Selain itu, tampil juga sejumlah penyanyi antara lain Naura Ayu, Andmesh Kamaleng, hingga Dira Sugandi.Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih digelar di halaman Istana Merdeka, Rabu 17 Agustus 2022 sore. Hadir para pemimpin lembaga negara, Menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan TNI-Polri, hingga masyarakat umum. Upacara ini juga diikuti secara virtual oleh masyarakat.Seperti biasa kegiatan rutin di setiap HUT RI. (LS/R)

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *