Toba Track, Komitmen Aksi Nyata Pemberdayaan Perempuan

INTERESTNEWS — Penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Women20 (W20 Summit) di Simalungun, Danau Toba, Sumatera Utara, sejak 19-21 Juli 2022 lalu, melahirkan Toba Track. Toba Track adalah komitmen dari W20 untuk memberikan aksi nyata dalam pemberdayaan perempuan.

Dalam sambutannya mewakili Presiden Republik Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartartomenyampaikan ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo.

Selanjutnya, Airlangga menyebutkan bahwa kita mengacu pada komitmen bersama untuk mengurangi 25% kesenjangan gender dalam partisipasi angkatan kerja pada 2025. Melalui Kepresidenan 2022 ini, Indonesia memiliki tanggung jawab besar untuk fokus pada pencapaian. Di pucuk pimpinan forum ekonomi utama dunia, pemerintah ingin melihat hasil nyata dalam pemberdayaan ekonomi perempuan. 

Untuk itu, Kepresidenan tahun ini telah mengidentifikasi dua prioritas utama untuk pemberdayaan perempuan. Tujuannya untuk menciptakan nilai tambah ekonomi dan memberdayakan perempuan dalam ekonomi baru. Pertama, mendukung UMKM milik perempuan untuk berpartisipasi penuh dalam transformasi ekonomi berbasis digital yang inklusif. Kedua, berinvestasi dalam keterampilan digital dan STEM perempuan dan anak perempuan untuk berpartisipasi di semua sektor ekonomi. 

“Saya optimis melihat ada sinergi yang kuat di antara negara-negara anggota G20 dengan W20 sebagai salah satu engagement group, terutama dalam hal berbagi solusi dan program kerja dalam mencapai strategi global yang lebih inklusif dan tangguh. Kita berharap W20 dapat melanjutkan komitmen dan rencana kerjanya. Kita pun menantikan untuk melihat hasil di masa depan, khususnya yang berkaitan dengan komunike W20. Saya percaya bahwa komunike W20 akan menambah wawasan bagi KTT G20 dan meningkatkan pendekatan Indonesia untuk mendorong pemberdayaan perempuan dalam agenda G20,” jelas Airlangga lebih jauh. 

Mari Bagikan
BACA JUGA:  Koes Hendratmo, Penyanyi Legendaris Indonesia, Meninggal Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *