Ancol, Destinasi Wisata Kalangan Bawah sampai Atas

INTERESTNEWS — Masyarakat DKI Jakarta pasti tahu Ancol. Ada satu destinasi wisata yang menjadi icon pariwisata di DKI Jakarta, yaitu: Taman Impian Jaya Ancol. Taman ini adalah taman rekreasi terbesar di Indonesia dengan beragam wahana dan atraksi unik, untuk bisa menjelajahi semuanya mungkin butuh waktu lebih dari seminggu. INTERESTNEWS pada Minggu (17/7/2022) berkunjung ke destinasi favorit warga Jakarta ini.

Dahulu VOC sudah melirik Ancol sebagai destinasi wisata sejak awal abad ke-17. Rupanya setelah masa kemerdekaan, Presiden Soekarno, sepulangnya dari Amerika Serikat tahun 1954, mulai memberi perhatian untuk pengembangan potensi wisata Ancol. Dari situlah muncul konsep taman hiburan untuk pengembangan proyek Ancol yang berlokasi di Jakarta Utara ini.

Selanjutnya, proses pengembangan tersebut terus berjalan hingga 1966 di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, ketika itu, Ali Sadikin. Seluruh proses pengerjaannya beralih kepada Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya PT Pembangunan Jaya. Perseroan ini berperan dalam mempersiapkan seluruh tahapan perencanaan proyek, mulai dari penyiapan konsep pengembangan, strategi, master plan, hingga kegiatan pembangunan lainnya, termasuk strategi pemasaran.

Perkembangan berikutnya dengan bergulirnya waktu, taman hiburan ini menghadirkan sejumlah unit rekreasi, wahana, atraksi, dan event-event menarik. Ada 5 pantai terkenal (Pantai Festival, Indah, Elok, Ria, dan Carnival Beach Club), Dunia Fantasi (Dufan), Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Samudra, Seaworld, Pasar Seni, Allianz Ecopark, Faunaland.

Selain itu, pengembang juga menyediakan resort & hotel untuk penginapan wisatawan, lalu deretan restoran & cafe serta stand UMKM yang menawarkan aneka makanan dan minuman. Selain destinasi favorit menikmati liburan dan akhir pekan, Ancol juga jadi tujuan untuk berolahraga seperti jogging dan bersepeda.

BACA JUGA:  Angelina Sondakh Dibebaskan dari Penjara

Baru-baru ini, taman wisata dan hiburan ini menghadirkan berbagai kegiatan seru dari musik hingga pameran dan menjadi tempat kegiatan nasional maupun internasional. Terakhir, kita juga menyaksikan ajang Jakarta Formula E-PRIX 2022 pada 3-6 Juni lalu. Yuk, ajak keluarga Anda menikmati Taman Impian Jaya Ancol. (IN)

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *