Kabar Perombakan Kabinet Mulai Terang-benderang

INTERESTNEWS — Sejumlah menteri hari ini, Selasa (14/6/2022), berdatangan ke Istana Negara, Jakarta, memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo. Mengapa Presiden memanggil mereka? Ada dugaan kabar perombakan kabinet (reshuffel) mulai terang-benderang.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjawab kabar terkait adanya isu perombakan Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat. Menurutnya, Presiden Jokowi sudah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan perombakan kabinet.

“Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif dan mau ganti kapan aja ya terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Kewenangan itu sepenuhnya ada pada Presiden,” ujar Pramono kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Lebih lanjut, Pramono menekankan bahwa Presiden Jokowi lebih mengetahui siapa-siapa yang akan berganti pada Kabinet Indonesia Maju. Jadi sosok menteri yang Presiden ganti tentu sangat penting untuk menemani Presiden Jokowi dua tahun dari sisa masa jabatannya.

Terakhir Pramono menyampaikan: “Presiden sudah 8 tahun menjalankan pemerintahan ini dan beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini.”

Beberapa Menteri yang Menghadap Presiden

Kabar perombakan kabinet mulai terang-benderang ini terlihat dari sejumlah menteri yang menghadap Presiden di Istana Negara. Berikut ini beberapa menteri yang menghadap Presiden:

1. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Prabowo mendatangi Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa (14/6/2022) sekitar pukul 16:35 WIB. Belum kami ketahui alasan Prabowo menemui Presiden.

2. Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta pada sore hari ini Selasa (14/6/2022). 

Dalam hal ini, Sofyan tidak mengetahui ada agenda apa Presiden Jokowi memanggilnya ke Istana sore ini. Menurutnya, Presiden memanggilnya terkait Ibu Kota Nusantara (IKN). Karena itu, dia meminta semua pihak menunggu keputusan Presiden Jokowi. Jadi “Tunggu aja nanti. Tunggu Pak Presiden,” jelasnya.

BACA JUGA:  Sumpah Pemuda ke-93: Momentum Bentuk Pemuda Berintegritas

3. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Syahrul mengungkapkan bahwa kedatangannya ke Istana untuk menghadiri rapat dengan Presiden Jokowi membahas pangan. Setelah itu, Syahrul menjelaskan: “Tadi rapat aja. Salah satunya aku diminta mempersiapkan kalau memang kelebihan beras cukup, sekali-kali kita ekspor.”

Terkait posisinya yang kabarnya akan diganti, kata Syahrul, dia tidak tahu. “Aku kerja aja, aku nih mulai dari bawah, kerjanya kerja aja, semampu-mampu dan sekuat-kuatnya,” tegas Syahrul.

4. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

Lutfi tidak banyak berkomentar seusai menghadap Presiden Jokowi. Terkait kabar perombakan kabinet, Lufti hanya menjawab singkat: “Enggak ada, enggak ada.” (IN)

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *