Ikan Salmon Penuh Gizi dan Banyak Manfaat

INTERESTNEWS — Salah satu ikan yang bergizi tinggi adalah ikan salmon. Ikan salmon penuh gizi dan memang banyak manfaatnya bagi tubuh dan kesehatan manusia. Ikan salmon sangat cocok bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Seperti apakah ikan salmon ini? Berikut INTERESTNEWS mengompilasi dari berbagai sumber mengenai ikan salmon yang penuh gizi ini, Minggu (12/6/2022).

Bukan rahasia umum lagi, daging salmon kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang bagus bagi perkembangan otak anak. Tidak hanya itu, salmon mengandung antioksidan yang bagus untuk mendukung kesehatan dan fungsi otak.

Cara mengolahnya pun mudah. Ikan ini juga tidak berbau amis, sehingga anak-anak menyukainya.

Mari kita simak manfaat ikan salmon untuk kesehatan dan apa kandungan gizinya seperti dalam uraian berikut ini.

1. Asam lemak omega-3 yang tinggi

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Menurut publikasi Universitas Harvard mengatakan bahwa tubuh kita tidak dapat memproduksi asam lemak omega-3. Karena itu, kita harus memperolehnya dari luar tubuh kita. Salah satunya adalah dari ikan salmon.

Sebagai informasi, asam lemak omega-3 berfungsi membantu dalam pembuatan hormon yang mengatur pembekuan darah, kontraksi dan relaksasi dinding arteri, dan peradangan.

Selain itu, asam lemak omega-3 memiliki fungsi genetik. Fungsi tersebut telah terbukti membantu mencegah penyakit jantung dan stroke, membantu mengendalikan lupus, eksim, dan rheumatoid arthritis, serta dapat berperan protektif terhadap kanker dan kondisi lainnya.

2. Kesehatan kulit

Kandungan protein ikan salmon dapat menjaga kesehatan kulit karena kandungan asam lemak omega-3. Dalam jurnal Journal of Cutaneous Medicine and Surgery, peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi asam lemak omega-3 berfungsi untuk:

  • Memperbaiki kondisi kulit yang mengalami inflamasi.
  • Pengobatan untuk membantu jerawat dengan mengurangi jumlah lesi inflamasi.
  • Menurunkan insiden kanker kulit.
BACA JUGA:  Membersihkan Timun Bebas Bakteri

3. Kesehatan jantung

Lagi-lagi Omega-3 sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, salah satunya untuk mengurangi insiden kardiovaskular, seperti serangan jantung atau stroke. Karena ikan salmon mengandung omega-3, maka orang dengan penyakit jantung dapat mengonsumsinya untuk meningkatkan kesehatan. Omega-3 juga mengurangi kebutuhan prosedur stenting jantung untuk membuka arteri tersumbat, serta menurunkan kematian.

4. Kesehatan ibu hamil

Ikan salmon adalah makanan sehat untuk ibu hamil. Studi dalam Reviews in Obstetrics and Gynecology menjelaskan, konsumsi asam lemak omega-3 selama kehamilan penting untuk perkembangan otak dan retina janin. Asam lemak omega-3 juga berperan dalam menentukan lamanya kehamilan dan mencegah depresi perinatal.

5. Perkembangan otak

Kita masih membahas tentang omega-3 yang berperan dalam manfaat ikan salmon. Studi menunjukkan omega-3 berperan dalam membantu perkembangan otak. Jurnal Neurology menjelaskan bahwa asam lemak omega-3 terbukti melawan peradangan dan menjaga struktur otak seiring berkembangnya usia. Selain itu, penelitian lain telah menemukan nutrisi mengurangi kerusakan otak terkait neurotoksin dari timbal dan merkuri.

6. Mengandung protein

Kandungan protein berperan dalam berbagai manfaat salmon untuk kesehatan. Protein membantu tubuh agar sembuh setelah cedera, melindungi kesehatan tulang, dan mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan dan seiring bertambahnya usia.

Penelitian dalam Annals of Nutrition and Metabolism menemukan, agar tercapai kesehatan yang optimal, konsumsi 20-30 gram protein berkualitas tinggi. Sebagai informasi, 100 gram ikan salmon mengandung 22-25 gram protein, menurut data dari laman FoodData Central. Kekurangan protein yang serius dapat menyebabkan pembengkakan, perlemakan hati, degenerasi kulit, meningkatkan keparahan infeksi, dan menghambat pertumbuhan pada anak.

7. Anti inflamasi

Ikan salmon memiliki manfaat penting dalam meredam efek peradangan. Beberapa penyakit kronis yang terkait peradangan meliputi diabetes dan kanker. Studi dalam European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, makan lebih banyak ikan berminyak seperti salmon dapat membantu menurunkan tanda indikasi peradangan.

BACA JUGA:  Manfaat Buah Kolang-Kaling Bagi Kesehatan

8. Menurunkan berat badan

European Journal of Clinical Nutrition telah meneliti manfaat ikan salmon untuk menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi ikan salmon terbukti efektif dalam menurunkan berat badan karena membantu mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan. Hal ini membuat Anda merasa kenyang. Selain itu, tingkat metabolisme tubuh meningkat, sehingga membantu untuk membakar kalori yang pada akhirnya menurunkan berat badan. (IN)

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *