PM Australia Anthony Albanese Mengunjungi Indonesia

INTERESTNEWS — PM Australia Anthony Albanese mengadakan kunjungan resmi ke Indonesia. Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Perdana Menteri (PM) Australia ini di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6/2022). Kepala Negara menerima kunjungan kenegaraan PM Australia Anthony Albanese dalam rangka makin mempererat hubungan persahabatan antara kedua negara. Ini merupakan kunjungan pertama Albanese setelah menjabat sebagai PM Australia pada 23 Mei 2022.

Australia fokus pada kerjasama yang lebih erat di Asia-Pasifik. Apa yang melatarbelakangi upaya Australia lebih ‘mesra’ pada Indonesia?

Australia sebagai negara tetangga yang dekat dengan Indonesia dan sudah lama mengenal Indonesia, tentu Australia menganggap Indonesia sebagai mitra strategis. Selain itu, Perdana Menteri baru Australia ini ingin membahas berbagai tema dan isu hangat di kawasan dengan Presiden Indonesia Jokowi.

Lebih lanjut, Albanese mengatakan: “Hubungan Australia dengan Indonesia adalah salah satu yang paling penting. Kami terhubung bukan hanya oleh geografi, kami terhubung oleh pilihan.”

Dalam pertemuan bilateral itu, Australia menggadang-gadang kerjasama yang lebih erat lagi dengan Indonesia sebagai negara tetangga. Hal ini utamanya untuk antisipasi dalam menghadapi pengaruh Cina di Kawasan Asia-pasifik.

Albanese juga menegaskan dia akan menghadiri KTT G20 pada November mendatang di Bali. Hal ini berbeda dari sikap keberatan perdana Menteri terdahulu, Scott Morrison, yang enggan duduk bersama Presiden Rusia Vladimir Putin setelah invasinya ke Ukraina.

Kedua pemimpin negara ini membahas beragam isu kerjasama. Indonesia sebagai kekuatan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, dilirik Albanese dengan membawa sejumlah delegasi bisnis terkemuka. Ia juga membawa Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong, dan Menteri Perdagangan Australia, Don Farrell.

“Indonesia berada di jalur untuk menjadi salah satu dari lima ekonomi terbesar di dunia,” ungkap Albanese, “Merevitalisasi hubungan perdagangan dan investasi kami adalah prioritas bagi pemerintah saya.” (IN)

Mari Bagikan
BACA JUGA:  Hari Surya se-Dunia Diperingati 3 Mei

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *