Sinergi Pemerintah Karanganyar dengan Para Pengusaha Muda

INTERESTNEWS — Sinergi Pemerintah Karanganyar dengan para pengusaha, yakni Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) se–kabupaten Karanganyar terjalin penuh keakraban. Mereka menggelar acara Ramadhan (30/4/2022) di Karanganyar, Jawa Tengah.  Hadir pada kesempatan ini, Ilyas Akbar Almadani S.IP, Ketua Umum Bapeda sekaligus Ketua Umum FKKT Kabupaten Karanganyar, Ketua FORGIMALA, Ketua Hipmi. Tidak ketinggalan, hadir juga Ketua Golkar Karanganyar dan Kepala Dinas Penanaman Modal Karanganyar.

HIPMI Karanganyar mengadakan Pasar Kaget Ramadan dan acara talkshow bisnis dari 23-30 April 2022. Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum dan memakai lokasi Kompleks Alun-Alun Karanganyar.

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Karanganyar akan mengadakan Pasar Kaget Ramadan event talkshow bisnis

“Pasar Kaget Ramadan ini pesertanya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Karanganyar. Kami ingin bersinergi dengan pemerintah untuk bersama memikirkan dan membangun Karanganyar khususnya bagi para pengusaha muda,” papar Ketua Badan Pimpinan Cabang (BPC) HIMPI Karanganyar, Aan Shopuanudin.

Kemudahan Peijinan dan Birokrasi

“Pertumbuhan investasi di Karanganyar dalam dua tahun terakhir masih baik dan tetap mengalami pertumbuhan walaupun masih ada dampak dari pandemi. Beberapa investor memilih berinvestasi di Karanganyar karena ketersediaan lahan, tenaga kerja, dan kemudahan terhadap legalitas perijinan. Tiga indikator itulah yang menjadi acuan investor ke Karanganyar walaupun masih banyak indikator lain. Itulah yang terpenting,” jelas Ary Widyhastutik, S.STP, M.M, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu.

Sinergi Pemerintah Karanganyar dengan HIPMI Kabupaten Karanganyar

Lebih lanjut, sektor perdagangan merupakan sektor yang paling baik dan paling mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Karanganyar. Ini juga termasuk sektor pertanian dan parawisata masih baik dan tetap stabil. Pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Karanganyar terhadap pengurusan perijinan ada 23 APD yang bergabung. Ada 109 layanan yang ada di dalamnya terintegrasi ketika mengurus perijinan yang berfungsi memberikan kemudahan. Kita bisa juga mengunjungi aplikasi Karanganyar Investment Center dan melihat semua informasi di situ.

BACA JUGA:  Heboh Tiket Candi Borobudur Rp750 Ribu

Target Sinergi Karanganyar Tahun Depan

“Tahun 2021 Karanganyar juara 7 nasional dalam penilaian kinerja dan percepatan pelaksanaan kerja dan bermitra dengan HIPMI. Tahun ini targetnya adalah menaikan minimal juara 1 sampai 3 nasional. Mari berinovasi, mari berinvestasi sebab Karanganyar ramah bagi investasi,” katanya penuh semangat.

Sementara itu, Ilyas Akbar Almadani S.IP, Ketua Partai Golkar Karanganyar menyampaikan bahwa ia sangat optimis kalau investasi dan pariwisata Karanganyar dalam dua dekade ke depan. Kuncinya Solo Raya ada di Karanganyar. Transportasinya yang memadai sudah mendukung dan pariwisata yang unggul walaupun perlu mengonsepkan lagi secara kreatif. Kemampuan kreativitas IO dalam mengkreasikan merupakan kesuksesan pariwisata. Karanganyar mempunyai badan ekonomi kreatif khusus kerjasama dan fasilitasinya dari pemerintah,” ungkapnya dengan antusias.

“Belum lagi dukungan dari sektor pertanian yang baik. Tiap bulan beras kita sudah surplus dan ini yang harus kita pertahankan dan tingkatkan lahan untuk pertanian. Peternakan tetap terjaga bagus dan baik. Ini semua butuh komitmen dan konsistensi dari semua,” tambah Ilyas.

Talk Show dengan beberapa nara sumber yang hadir

“Semua pelayanan kantor desa atau kecamatan supaya menyelesaikan dengan tuntas untuk mempercepat dan mempersingkat birokrasi yang lama menjadi lebih cepat. Kami mendorong agar internet masuk desa,” katanya dengan semangat.

Karanganyar Siap Melahirkan Pengusaha-Pengusaha Muda

Kepemudaan Karanganyar, lanjut Ilyas, harus melahirkan pemuda wirausaha yang kreatif, punya inspirasi baru. Jangan sampai lulusan sarjana pun selalu berpikir untuk menjadi pagawai apalagi PNS karena kuotanya terbatas. Demikian juga setiap organisasi baik itu HIPMI maupun yang lain wajib mempersiapakan pengusaha-pengusaha muda.

“Harapan ke depan investasi pendidikan untuk membuka wawasan baru, pandangan baru, pola pikir baru, cara melakukan dan melaksanakan marketing yang baru. Ini bertujuan supaya Karanganyar menjadi pintu masuk peradaban yang baru yang lebih baik,” tandas Ilyas.

BACA JUGA:  Ganjar Berduka, Sebut Sosok Buya "Woange Semanak"

Acara penutupan Talk Show Pasar Kaget Ramadhan tersebut mengupas berbagai kemajuan dan pembenahan menuju Karanganyar maju melalui bincang-bincang penuh keseruan bersama para narasumber yang sudah hadir.

Pewarta: Adi Prasetio

 

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *