Desa Wisata Nongkosawit, Pesona Burung Langka & Omah Pang

INTERESTNEWS — Desa Wisata Nongkosawit memiliki keajaiban burung langka. Desa ini sangat menarik dan unik. Desa-desa wisata di Jawa Tengah memang memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing, sehingga ingin rasanya menjelajah seluruh desa wisata. Kita tidak cukup berkunjung ke sebuah desa wisata di Jawa Tengah. Anda harus mengunjungi secara keseluruhan karena semua desa saling melengkapi dan sungguh menjadi momen yang berkesinambungan.

Satu desa wisata ada yang khas dengan alamnya yang indah, kawah, gunung, seni budaya, hewan seperti; monyet, ayam Cemani dan Nongkosawit ini, merupakan desa yang memiliki penangkaran burung langka di Semarang. Tak heran, jika Anda akan menjumpai berbagai jenis burung di sini.

Desa wisata Nongkosawit mendapat julukan desa wisata ramah burung. Kicauan burung yang berdendang di sore hari dan kicauannya yang membuat Anda segera beranjak dari tidur lelap Anda, saat fajar telah menyingsing. Suatu gamelan musik alami dari berbagai jenis burung Anda dapat temui di sini.

Desa wisata Nongkosawit
Desa wisata Nongkosawit mendapat julukan desa wisata ramah burung

Burung-burung terbang dari dahan ke dahan bahkan mengitari potensi pertanian. Desa ini memiliki pertanian yang sangat subur, sehingga pasar untuk komoditas durian, jeruk, rambutan, dan buah naga tersedia di sini.

Desa wisata Nongkosawit
Desa ini memiliki pertanian yang sangat subur sehingga pasar untuk komoditas durian, jeruk, rambutan, dll

Memiliki Tarian Khas

Saat Anda berkunjung, dengan membawa rombongan atau keluarga serta handai taulan Anda akan disambut dengan tarian khas yang bernama Golo-golo dan Kuntulan. Tarian yang akan membuat Anda tak beranjak hingga selesai. Eits! Jangan lupa satu spot unggulan di Desa Wisata Nongkosawit ini, adalah Omah Pang. Spot ini berupa rumah kayu terbuat dari ranting pohon jati. Pembuatan spot yang berupa rumah kayu dari ranting pohon jati tersebut terinspirasi dari bangunan lampau di zaman nenek moyang Jawa yang suka berpindah tempat.

BACA JUGA:  Desa Wisata Jatirejo, Panen Terbesar Kolang-Kaling

Satu spot unggulan lainnya di Desa Wisata Nongkosawit, Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah adalah Omah Pang. Lokasinya berada di RT 2 RW 1, sebelah utara Kantor Kelurahan Nongkosawit. Omah Pang ini prototipe rumah Jawa primitif. Jadi kami gambarkan sebagai rumah nenek moyang di zaman dulu yang suka berpindah.

Omah Pang berasal dari dua kata dengan menggunakan bahasa Jawa. Omah yang berarti rumah dan Pang berarti ranting pohon. Selain itu, kata pang juga memiliki makna tersendiri.

Satu desa wisata ada yang kas dengan alamnya yang indah, kawah, gunung, seni budaya

Selain spot tersebut masih ada spot lainnya, seperti river tubing di Kali Jedung, pemandangan Curug Mahtukung, sawah terasering, permainan tubruk ikan, dan wisata tanam padi. (ls)

 

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *