Pantai Ulee Lheue Berpanorama Indah dari Banda Aceh

INTERESTNEWS — Salah satu pantai yang indah di Provinsi Aceh adalah Pantai Ulee Lheue. Keindahan pantai ini ada di daerah Provinsi Aceh, letaknya di sebuah desa, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh. Di desa ini juga ada Pelabuhan Ulee Lheue bagi mereka yang ingin menyeberang ke Pulau Sabang, ujung Barat Indonesia. Jurnalis INTERESTNEWS menyempatkan diri berkunjung ke pantai ini pada Sabtu (11/9/2021).

Para pengunjung menikmati panorama yang indah ini berdatangan dari berbagai daerah yang ada di Provinsi Aceh. Mereka ini berasal dari Aceh Timur (Langsa), Aceh Tengah (Takengon), Aceh Utara (Lhokseumawe), Bireun, Sigli, Singkil, Aceh Selatan (Tapak Tuan), Aceh Barat (Meulaboh), Aceh Besar (Jantho) dan dari Kota Banda Aceh sendiri.

INTERESTNEWS mewawancarai seorang pemilik mainan perahu bebek yang bernama Bahron (50 tahun) pada Sabtu (11/9/2021). Beliau berkata bahwa para pengunjung ramai di saat hari libur, terutama Sabtu dan Minggu. Bahkan ada juga pengunjungnya dari luar Provinsi Aceh seperti dari tetangga Aceh, yaitu: Provinsi Sumatera Utara. Bahkan, “Ada juga pengunjung dari luar negeri seperti Malaysia. Adanya pantai ini menghidupkan ekonomi masyarakat yang berjualan,” ujar Bahron.

Pintu masuk pelabuhan Ulee Lheue untuk berangkat ke Pulau Sabang maupun untuk datang dari Sabang.
Pengunjung Pantai Ulee Lheue menjelang Magrib.
Para keluarga membawa anak mereka untuk bermain pasir dan mandi di pantai.
Bahron, pemilik perahu bebek.
Aldo, pemilik Warung 'Zahra'
Warung Zahra
Warung Zahra

Penataan Pantai Ulee Lheue

Salah satu pemilik warung bernama Aldo mengungkapkan kegembiraannya bisa berjualan untuk menghidupi keluarganya karena para pengunjung begitu ramai di saat hari libur. Bahkan beliau sudah keluar dari rumahnya yang tidak jauh dari pantai Ulee Lheue. Ia hanya menempuh jarak rumahnya ke pantai selama 3-5 menit. Biasanya ia membuka warungnya di pagi hari pukul 07:00 WIB dan menutupnya sebelum Magrib 18:30 WIB. Dia menjual berbagai minuman, makanan, kelapa muda dan lain-lain.

BACA JUGA:  Pantai Pulo Kodok Tegal Selama PPKM Sepi Pengunjung

Aldo, pemilik warung yang bernama Zahra ini, menginginkan warungnya tetap ada sekalipun ada rencana Pemerintah untuk mengolahnya ke arah yang lebih baik. Bahkan Pantai Ulee Lheue ini salah satu tempat pariwisata yang banyak pengunjungnya.

Pemerintah Daerah akan menata Pantai Ulee Lheue ini lebih baik, sehingga ada toilet dan ruang ganti pakaian sehabis mandi di pantai ini. Selama ini kamar mandi atau ruang ganti belum ada, sehingga merepotkan para pengunjung untuk mandi-mandi.

Karena itu, Pantai Ulee Lheue ini salah satu daerah wisata yang indah dan layak untuk dikunjungi. Lokasi pantai ini tidak jauh dari pusat Kota Banda Aceh, hanya berjarak sekitar 5 Km. Anda mengendarai sepeda motor dapat menempuhnya sekitar 5-10 menit saja dari Banda Aceh.

Pewarta: Johan S. Purba

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *