Solo Menari 2022, Semarak Memperingati Hari Tari Sedunia 2022

INTERESTNEWS — Di Surakarta, masyarakat mengikuti acara Kirab Solo Menari 2022 pada Jumat (29/4/2022). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka turut hadir dalam acara tersebut. Mereka mengenakan kostum wayang orang dan naik kereta kuda dalam arak-arakan.

Menparekraf Sandiaga mengenakan pakaian wayang Puncokusumo. Sedangkan Walikota Solo Gibran mengenakan pakaian wayang Parikesit. Mereka dan Jan Ethes Srinarendra berangkat dari Hotel Royal Heritage berkuda milik keraton dengan pengawalan prajurit keraton menuju Balaikota Surakarta.

Solo Menari 2022

Mereka menyapa ramah warga untuk menyaksikan pagelaran wayang orang Gatra Manggala Muda Solo Menari 2022 dengan Lakon Perikesot Jumeneng Nata. Selain itu, dalam rombongan kirap tersebut Putra Mahkota Keraton Kesunanan Surakarta Kanjeng Gusti Adipatianom Sudibyoraja Putra Narendra Ing Mataram dan Adipati Puro Mangkunegaran KGPAA Mangkunegoro X turut hadir. Keduanya mengunakan pakaian kebesarannya masing-masing dan naik kereta kencananya masing masing.

Solo Menari 2022

Selanjutnya, mereka duduk di panggung dan menyaksikan pagelaran wayang orang. Selesai pentas pagelaran tersebut, Sandiaga menyampaikan sambutannya.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah yang telah menyelenggarakan tari ini dalam rangka memperingati Hari Tari Sedunia 2022. Selama 2 tahun kita berjuang menghadapi Covid-19. Tetap kita jangan lengah dan patuhi protokol kesehatan,” puji Sandiaga.

“Melalui Solo menari ini, kita bisa mempromosikan produk olahan dan pusat pelestarian kesenian tradisional di Jawa. Ini sebagai bentuk apresiasi seni dalam pelestarian dan pengembangan budaya,
sehingga membangkitkan perekonomian indonesia dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” tandasnya.

Solo Menari 2022

Selanjutnya, pelepasan busur panah secara bersama-sama menutup acara tersebut dan lanjut foto bersama. Beberapa lokasi menggelar Solo Menari seperti di depan McDonald Slamet Riyadi, area Pasar Antik Ngarsopuro, Mal Solo Square, dan rumah dinas Walikota Solo.

BACA JUGA:  95 Rumah Rusak Terdampak Tanah Bergerak di Kab. Tegal

Pewarta: Adi Prasetio

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *