Desa Wonolopo, Wisata Agro dan Jamu

INTERESTNEWS — Desa Wonolopo merupakan desa yang terkenal dengan sebutan desa wisata agro dan jamu. Desa ini, terletak di Kelurahan Wonolopo, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah. INTERESNEWS datang mengunjungi desa tersebut pada Rabu (20/4/2022).

Jawa Tengah memiliki kekayaan dengan ramuan rempah dan jamu-jamuan. Tak heran masyarakatnya sehat dan kreatif dengan tanamanan apotik hidup yang banyak tumbuh subur di pekarangan rumah. Keseharian selalu saja terlihat, jamu gendong keliling kompleks dan perkotaan.

Menurut Wikipedia, Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Belakangan populer dengan sebutan lain adalah herba atau herbal.

Masyarakat Jawa biasanya membuat jamu dari bahan-bahan alami. Bahan-bahan tersebut dapat berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah. Namun demikian, ada juga menggunakan bahan dari tubuh hewan, seperti empedu kambing, empedu ular, atau tangkur buaya. Selain itu, tukang jamu terkadang menambahkan kuning telur ayam kampung untuk tambahan campuran pada jamu gendong.

Kebun bahan-bahan jamu yang sedang dikembangkan

Baca juga: Desa Wisata Jatirejo, Panen Terbesar Kolang-Kaling

Ada banyak paket wisata yang tersedia untuk para wisatawan. Beberapa paket seperti wisata kebun durian, kerajinan gedebok pisang, pembuatan sapu ijuk, kampung jamu gendong, serta banyaknya budidaya jamur. Wisatawan bisa datang untuk belajar dan menyelami aktivitas masyarakat lokalnya yang masih tergolong tradisional.

Mbok Jamu keliling yang setia dengan dagangan jamunyaMasyarakat Desa Wonolopo juga masih sangat menjunjung nilai budaya, dari mulai tata krama hingga kesenian yang masih terus mereka lestarikan. Nah, tunggu apalagi, berkunjung ke Desa Kadri Anda dapat sekaligus mengunjungi Desa Wonopolo. (las)

 

Mari Bagikan
BACA JUGA:  Gebyar Disporapar Jateng: Lomba Foto Kaleidoskop Dieng dan Aneka Festival 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *