Atraksi Budaya Prajurit, Wisata Unggulan Surakarta

INTERESTNEWS — Atraksi Budaya Prajurit Solo menjadi salah satu atraksi wisata unggulan Kota Surakarta. Kori Kamandungan Kraton Surakarta Hadiningrat, Jawa Tengah, Sabtu (16/4/2022).

Menurut Terry, Subkordinator Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kota Surakarta, event Antraksi Budaya Prajurit ini akan menjadi program berkelanjutan kepariwisataan Kota Surakarta.

“Melalui event ini, mampu berkontribusi dalam mengoptimalkan daya tarik Prajurit Surakarta atau Solo sebagai aset pariwisata. Harapan kami event ini yang berkunjung ke Kota Surakarta,” ujarnya.

Prajurit Keraton Surakarta di masa lalu bertugas untuk mengawal pertahanan keraton dan berjuang dalam pertempuran. Gagasan Atraksi Budaya Prajurit Solo adalah bagaimana mengelola dan mengoptimalkan entitas Prajurit Keraton, sehingga bisa menjadi daya tarik wisata unggulan di Kota Solo. Acara Atraksi Budaya Prajurit Solo ini menempatkan Prajurit Keraton Surakarta sebagai sumber inspirasi dan akar tradisi dalam proses penciptaannya.

Secara konteks historis, Prajurit Keraton Surakarta di masa lalu bertugas untuk mengawal pertahanan keraton dan berjuang dalam pertempuran di zaman prakolonial maupun kolonial. Namun saat ini prajurit keraton telah menjadi Prajurit Budaya, yang menyimpan pesona sejarah. Transformasi menjadi Prajurit Budaya merupakan simbol penjaga dan pelestari warisan budaya lokal Indonesia yang selalu beradaptasi dengan perubahan zaman.

Prajurit Keraton Surakarta sebagai sumber inspirasi dan akar tradisi dalam proses penciptaannya.

Prajurit Keraton Surakarta yang tampil adalah Prajurit Doropati, Prajurit Joyosuro, Prajurit Sorogeni, Prajurit Jayengastro, Prajurit Prawiro Anom, dan Prajurit Tamtomo. Selain atraksi prajurit, ada juga atraksi Tari Anila Prahasta ciptaan Sunarno Purwolelono.

Tiket Masuk Atraksi Prajurit Gratis

Pengunjung dapat masuk secara gratis atau tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun. Atraksi prajurit sebagai atraksi wisata budaya di Kota Surakarta yang rutin digelar setiap Sabtu jam 15:30-17:00 WIB. Atraksi ini berlokasi di halaman Kori Kamandungan Kraton Surakarta Hadiningrat.

BACA JUGA:  Ibadah Dharma Santi dan Simakrama, Daya Tarik Desa Wisata

Pemkot Surakarta mendukung kegiatan atraksi prajurit ini, sedangkan untuk kraton pendapatan dari tiket masuk kraton. Melalui event ini, ekonomi warga sekitar bertumbuh dan meningkat seiiring pengunjung yang terus berdatangan.

atraksi Prajurit Budaya
Nikmatnya menikmati kuliner yang ada di sekitar selagi menonton atraksi prajurit.

Tersedia juga  aneka kuliner yang ada dalam area pertunjukan seperti wedang ronde, wedang asle, ada juga wedangan di area Kampung Baluwarti dan lain sebagainya. Liburan ke Surakarta aman, ke Solo aja!

Pewarta: Adi Prasetio

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *