Desa Wisata Jatirejo, Panen Terbesar Kolang-Kaling

INTERESTNEWS — Desa Wisata Jatirejo, Kabupaten Semarang Pati di bulan puasa seperti ini merupakan desa yang penuh berkah. Bagaimana tidak? Desa ini merupakan desa penghasil kolang-kaling terbesar dan panen melimpah. Tentu saja bulan puasa seperti saat ini, desa ini cukup sibuk dengan panen kolang-kaling. Mari kita mengenal satu per satu desa wisata di Jawa Tengah ini. Masing-masing desa memiliki potensi unik dan khas, kunjungan INTERESTNEWS ke desa ini, Sabtu (9/4/2022).

Berkunjung ke desa wisata Jatirejo tidaklah sulit. Hanya butuh waktu kurang lebih 1 jam dari Semarang hingga tiba di desa ini. Sedikit bebukitan, tetapi masih mudah menjelajahnya dengan medan yang tidak terlalu rumit.

Desa Wisata Jatirejo
Pohon kolang-kaling

Makanan kolang-kaling biasanya ramai saat bulan puasa dengan campuran kolak atau es buah. Nah, di desa ini, olahan makanan dari kolang-kaling cukup beragam. Pastinya, pasar Jatirejo kolang-kaling selalu tersedia dan berlimpah. Mayoritas penduduk sangat menyukainya.

Memasuki desa, aroma khas kolang-kaling seakan tercium saat kita melihat tanaman yang tumbuh subur. Hijau dan sebagian merah kuning bercampur, ini menandakan kematangan buah tersebut.

Desa Wisata Jatirejo tersohor penghasil kolang-kaling

Jika ke pasar tradisional jangan lupa untuk membeli buah kolang-kaling yang terkenal dengan rasa yang beda dari daerah lain. Penasaran? Berkunjunglah ke desa ini.

Selain itu, jangan ketinggalan dengan olahan makanan dari kolang-kaling beragam di sini.

Daripada penasaran mari kita melanjutkan perjalanan untuk menjelajah desa. Ada banyak hal yang menyenangkan Anda lakukan di sini. Anda dapat melihat mulai dari awal sampai langsung panen. Pengupasannya cukup sedikit rumit. Eits! Hati-hati atas getahnya dapat membuat kulit yang terkena menjadi gatal-gatal.

Puluhan pengrajin kolang-kaling ada di desa ini dan Anda dapat belajar langsung cara pengupasan hingga ke pengolahan. Seru dan asyik!

BACA JUGA:  Desa Wonolopo, Wisata Agro dan Jamu

Masyarakat setempat turut berpartisipasi hingga desa ini tersohor dengan produksi utama kolang-kaling. Meskipun demikian, ada banyak paket-paket wisata yang menawarkan keunikan dan keistimewaannya tersendiri. Jawa Tengah memang kaya dengan wisatanya yang beragam. Salah satunya Desa Wisata Jatirejo ini.

Banyak hal-hal menarik yang akan membuat Anda terpesona dan betah berlama-lama di desa ini. Selain warga desanya yang ramah dan familiar, alamnya juga menunjang keamanan dan rasa nyaman.

Anda dapat memulai aktivitas sehari-hari seperti menanam tanaman kebun, memetik tanaman, atau pengolahan kolang-kalingnya. Walau kelihatannya mudah karena hanya mengambil isi dari buah kolang-kaling, tetapi ternyata cukup rumit jika turun tangan langsung.

Ada juga aktivitas angon kebo, mengolah empon-empon (tanaman rimpang dapur), dan membuat aneka keripik juga. Semua pengalaman dari aktivitas tradisional bisa Anda peroleh dari desa wisata ini.

Selain paket-paket wisata tradisional, desa ini juga menawarkan paket wisata lain seperti trail adventure. Trail adventure menggunakan motor trail atau river tubing selama kurang lebih 3 jam.

Desa Jatirejo mengalir air sungai Kali Kranji yang memiliki jeram dan arus yang cukup kencang. Jadi warga sekitar juga memanfaatkannya sebagai wahana permainan baru yang seru dan memacu adrenalin.

Belum lagi motor trail dengan medan yang menantang dan alami bisa membuat pengalaman baru yang lebih seru. Jika Anda kelelahan tersedia homestay yang nyaman dan bersih. Jadi jangan terburu-buru untuk pulang. Sudah di sini, jangan sampai ketinggalan.

Selain sebagai tujuan wisata yang seru, di sini Anda mendapatkan banyak wawasan dari aktivitas tradisional sampai adat-istiadat masyarakatnya. Jadi, tunggu apalagi? Agendakan bersama keluarga, saudara dan handai taulan. Jatirejo menanti Anda! ( las)

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *