Presiden RI Menghadiri KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa di Belgia

Interestnews,-  Presiden Ri Jokowi didampingi Ibu Iriana Jokowi dan delegasi terbatas, bertolak menuju Brussel, Belgia, Selasa (13/12/2022).

“Saya meninggalkan Tanah Air pagi ini menuju Belgia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa di Brussels. Uni Eropa adalah mitra dagang ASEAN ke-3 terbesar setelah RRT dan Amerika Serikat, juga sumber investasi asing langsung terbesar ke-2 terbesar di ASEAN setelah RTT,” tulis Jokowi seperti dikutip dari akun Facebook-nya.

Presiden Jokowi menyebutkan bahwa Uni Eropa merupakan Mitra dagang ASEAN Ketiga terbesar setelah RRT dan Amerika Serikat. Total perdagangan ASEAN-Uni Eropa pada Tahun 2021 mencapai 268,9 miliar Dollar AS.

Sementara itu, investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI) Uni Eropa ke ASEAN mencapai 26 miliar Dollar AS pada Tahun 2021 juga merupakan FDI yang terbesar kedua setelah RRT. Itulah kenapa terus kita perkuat, terus kita tingkatkan hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa. Juga tentu saja Indonesia ingin agar perdagangan antara Indonesia dan EU dan juga investasi dari Uni Eropa ke Indonesia juga terus meningkat,” paparnya.

Presiden Jokowi akan berada di Belgia kurang dari 24 jam. Setelah seluruh kegiatan di Belgia selesai, Presiden Jokowi akan langsung pulang ke Tanah Air.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Brussel, Belgia yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

 

 

 

 

Mari Bagikan
BACA JUGA:  Perayaan HUT RI Ke - 77 Meriah Dengan Pakaian Adat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *