Jateng Kemarau Basah, Galakkan Penanaman Pohon

interestnews,- Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terus menggalakkan penanaman pohon di lahan kritis. Kali ini ia bersama masyarakat melakukan penanaman 1.000 pohon di lahan kritis Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Senin (25/7/2022) sore.

“Kita galakkan karena ini  kemarau basah, kita manfaatkan kebasahan selama musim kemarau itu untuk menanam. Sehingga kalau kita rutin, kelompok taninya juga aktif, itu akan bermanfaat,” katanya usai penanaman pohon dan dialog dengan kelompok tani hutan.

Penanaman pohon itu diikuti sekitar 300an orang terdiri atas warga sekitar, pelajar, kelompok tani hutan, dan pegiat lingkungan. Lokasi penanaman merupakan lahan kritis yang berpotensi banjir di bagian bawah bukit.

Kebakaran Hutan di negara Eropah akibat gelombang panas. Kemarau Basah di Jateng, kesempatan memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk bertanam tanaman dan pohon

Musim ekstim di belahan dunia tidak terprediksi. Gelombang panas di Eropah dan gelombang es dan Kebakaran hutan di Prancis. Sangat menggentarkan.

Indonesia dapat berbangga berada di musim yang netral namun harus mawas diri. Segala sesuatu dapat terjadi tak terduga dan tidak dapat terprediksi. Kemarau dan hujan, kekeringan dan banjir serta longsor dan gempa dapat terjadi tak terduga.

Beberapa negara Eropa tengah menghadapi gelombang panas ekstrem hingga mencapai suhu panas yang tinggi. Akibat itu, diantara negara-negara Eropa yang telah mengalami kebakaran hutan akibat gelombang Panas ini adalah Prancis, Spanyol hingga Portugal.

Yang terbaru, pada hari Sabtu kemarin California, Amerika Serikat juga mengalami kebakaran hutan yang maha dahsyat. Berdasarkan laporan AFP, Kebakaran hutan di California terus melebar dan mengalami peningkatan dari sebelumnya hanya 600 hektare (ha) menjadi sekitar 11.900 ha pada Sabtu (23/7/2022).

Kobaran api tersebut terkonsentrasi di Kabupaten Mariposa, dan telah menghancurkan sepuluh properti dan merusak lima lainnya, dengan ribuan lainnya terancam.

BACA JUGA:  Pembangunan Dasar IKN Telah Dimulai

Kali ini gelombang panas hingga menimbulkan kebakaran menerjang Yunani. Negara ini pada hari Minggu memerangi tiga kebakaran hutan di seluruh negeri yang memaksa ratusan orang mengungsi, karena suhu yang melonjak meningkatkan kekhawatiran akan lebih banyak kebakaran.

Ganjar, gubernur Jawa Tengah mengajak warga Jateng untuk dapat menggunakan lahan-lahan kosong untuk bercocok tanam. Musim kemarau basah sedang terjadi, merupakan kesempatan untuk bertanam pohon dan tanaman pangan.

“Kita harus memanfaatkan lahan-lahan untuk tanaman pangan. Kesempatan untuk menghadapi krisis yang melanda dunia akibat pendemi dan bencana alam yang tak habis-habisnya. Bertanam itu kesempatan saat ini.” Ujarnya tegas. (lm)

 

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *