Desa Wisata Wanurejo, Pesona Kriya & Bedug Misterius

INTERESTNEWS — Desa Wisata Wanurejo kaya pesona wisata yang beragam. Pesonanya mulai dari alam pedesaan yang mengitari Candi Borobudur, kriya, dan aneka seni budaya. Saat menyambangi desa ini pada Kamis (7/4/2022), INTERESTNEWS menyajikan keunikan Bedug yang misterius peninggalan Pangeran Diponegoro. Lokasi desa ini berjarak sekitar 1.5 km ke arah timur Candi Borobudur.

Selain itu, Anda dapat menyusuri Desa Wisata Wanurejo dengan andong sambil menikmati acara wisata desa ke desa. Anda juga dapat menyaksikan langsung keindahan arsitektural bangunan milik rakyat, pemangku adat, dan bangsawan. Di sana ada aneka tanaman dan keindahan sawah.

Nuansa wisata pedesaan yang unik dan menarik

Desa Wanurejo, Borobudur, Kabupaten Magelang berhasil menjadi juara 1 kategori Desa Wisata Kreatif, dalam ajang Trisakti Tourism Award 2021. Kepala Desa Wanurejo Edi Suryantono mengapresiasi para pelaku wisata di desanya yang bekerja keras dan berkontribusi dalam ajang Award tersebut.

Ketua Pokdarwis Bendrat Agus Sulistya menuturkan untuk lomba tersebut, sembilan dusun di Desa Wanurejo memiliki potensi yang beragam. Ini mulai dari sisi edukasi, budaya maupun religi. Pihaknya pun telah menyiapkan beberapa paket kunjungan bagi para pengunjung. Ada wisata andong dan onthel, belajar menari, membatik, rafting dan wisata lainnya. Ke depan tim pengelola bekerjasama dengan warga akan memperkuat terkait identitas yang ditonjolkan dari desa wisata Wanu. Sementara Mesjid Wisata kuno yang unik kini sudah mengalami renovasi.

Pesona Alam Desa Wisata Wanurejo yang sejuk dan asri

Pendiri desa ini adalah Kyai Wanu atau Bendhoro Pangeran Haryo anak lelaki Hamengku Buwono II. Para wisatawan yang datang, tak lupa mengunjungi sumber air suci Umbul Tirta, makam Kyai Wanu. Tersedia juga homestay dengan harga yang terjangkau. Bersih dan rapi.

Stan-stan kuliner yang menyajikan aneka kuliner nusantara khas desa Wanurejo dan aneka snack tersedia beragam

Sambil beristirahat usai menjelajah seluruh destinasi wisata yang ada. Menikmati makanan rakyat bernama Rengginan, Tempe, Gula Jawa akan membuat suasana hati semakin menyenangkan. (lms)

Mari Bagikan
BACA JUGA:  Desa Wisata Conto, Geliat Alam Memukau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *