Pembelajaran Tatap Muka Mulai Diterapkan

JAKARTA, INTERESTNEWS — Sekolah mulai membuka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Senin (13/9/2021) di seluruh Indonesia. Hal ini serentak berlaku di Indonesia dan banyak sekolah sudah menerapkannya. Namun demikian, masih ada juga beberapa wilayah di Indonesia belum menerapkan PTM ini karena faktor tertentu, misalnya kesiapan pihak sekolah.

Dalam rangka menerapkan PTM, Pemerintah Pusat melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional telah mempublikasikan buku Panduan Orang Tua dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka. Satgas mengizinkan siapa saja mengumumkan, mendistribusikan, mengomunikasikan, dan/atau menggandakan sebagian atau seluruh isi buku ini sepanjang bukan untuk kepentingan komersial dan menuliskan sumbernya.

Buku Panduan ini lebih mengutamakan kebutuhan bagi orangtua dari siswa Sekolah Dasar (SD). Alsannya karena pertimbangan berikut ini:

Pertama, SD adalah satuan pendidikan terbanyak yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kedua, Pendidikan di SD merupakan pondasi bagi jenjang sekolah yang lebih tinggi.

Ketiga, Terdapat 25.238.229 siswa yang duduk di bangku SD.

Selama ini sejak pandemi Covid-19, semua sekolah menerapkan sitem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), baik melalui jaringan internet, siaran radio, maupun televisi. Namun demikian, pantuan INTERESTNEWS lebih banyak menggunakan jaringan internet. Ada juga di beberapa daerah terpencil menerapkan PJJ melalui siaran radio karena gelombang radio lebih mudah dan murah.

Hal menarik dari Buku Panduan ini adalah adanya beragam tips untuk orangtua. Sebagai contoh, tips orangtua menjelaskan Covid-19 kepada anak, tips orangtua meyakinkan anak mau ke sekolah, dan tips orangtua menyiapkan anak menjaga diri dari Covid-19.

Selengkapnya buku ini dapat Anda baca di bawah ini dan Anda pun dapat mengunduhnya.

Pewarta: Boy Tonggor Siahaan

Mari Bagikan
BACA JUGA:  Hari Guru Nasional, Bupati Klaten Optimis Pendidikan Pulih Kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *