Presiden Jokowi: Kemitraan ASEAN-UE Harus Didasarkan Pada Prinsip Kesetaraan

Interestnews,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa kemitraan dengan ASEAN dipastikan akan menguntungkan.

Hal itu disampaikan Presiden dalam akun instagramnya usai acara peringatan hubungan kemitraan 45 Tahun Uni Eropa dan ASEAN di Brussles, Belgia.

“Kemitraan dengan ASEAN dipastikan akan menguntungkan,” kata Presiden dalam akun instagramnya @Jokowi, Jumat, (16/12/2022).

Menurut Presiden dalam membangun sebuah kemitraan harus di dasarkan pada kesetaraan.

“Jika ingin membangun sebuah kemitraan yang lebih baik, maka kemitraan harus didasarkan pada kesetaraan,” katanya.

Sebagai ketua ASEAN 2023, Presiden Jokowi merupakan satu dari enam pemimpin yang diminta sampaikan pandangan di acara pembukaan KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa di Justus Lipsius Atrium, Brussels, (14/12/2022).

“Jika kita ingin membangun sebuah kemitraan yang baik, maka kemitraan harus didasarkan pada kesetaraan, tidak boleh ada pemaksaan. Tidak boleh lagi ada pihak yang selalu mendikte dan beranggapan bahwa my standard is better than yours,” kata Presiden Jokowi

Selama beberapa dekade, Asia Tenggara telah menjadi economic powerhouse. Asia Tenggara akan tetap menjadi pusat pertumbuhan. Kemitraan dengan ASEAN dipastikan oleh Presiden Jokowi akan menguntungkan Uni Eropa.

September Tahun 2022, menurut Presiden ASEAN-Uni Eropa Business Council mengeluarkan hasil survei mengenai persepsi bisnis di ASEAN. Dalam survei tersebut, 63% responden melihat ASEAN sebagai kawasan dengan kesempatan ekonomi terbaik.

Kemudian 69% responden mengharapkan pasar ASEAN menjadi lebih penting dari aspek pendapatan global dalam 2 tahun kedepan dan 97% responden berharap adanya percepatan perundingan Free Trade Agreement (FTA) ASEAN-Uni Eropa dan anggotanya,” jelas Presiden.

Untuk itu, Presiden Jokowi kembali mendorong kemitraan yang setara dan saling menguntungkan.

“Dari pandemi dan krisis multidimensi yang kita hadapi saat ini, kita petik pelajaran penting bahwa tumbuh dan makmur bersama adalah satu-satunya pilihan. Kita tidak hanya harus maju bersama, namun juga harus maju setara,” Jelas Presiden

Mari Bagikan
BACA JUGA:  Ganjar Menyalurkan Bantuan dan Menerjunkan Tenaga Medis untuk Korban Gempa Cianjur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *