Akuarium Silinder Terbesar di Berlin Meledak

Interestnews,- Akuarium silinder raksasa berisi satu juta liter air dan sekitar 1.500 ikan eksotis meledak di Berlin, Jerman, pada Jumat (16/12/2022).

AquaDom, salah satu akuarium silinder terbesar di dunia setinggi 14 meter (46 kaki), berada di kawasan kompleks rekreasi, yang berada di dalam hotel Radisson dan sebuah museum.

“Rasanya seperti gempa,” kata Naz Masraff, yang menginap di hotel tersebut, dikutip dari Reuters.

Wali kota Berlin Franziska Giffey mengatakan, insiden ini menyebabkan “tsunami”.

“Meskipun menimbulkan kehancuran, tapi beruntung korban tidak teluka parah,” ucapnya

1.500 ikan di dalam tangki “tidak dapat diselamatkan”, tambah Giffey.

Namun, petugas kebakaran yang membantu menyelamatkan ikan-ikan menjelaskan sebagian ikan telah diselamatkan dan dibawa ke akuarium terdekat.

“Kami berhasil menemukan ikan yang masih hidup. Beberapa lusin ikan telah diselamatkan,” kata seorang juru bicara pemadam kebakaran Berlin kepada AFP.

Menurut polisi Berlin, insiden itu terjadi sekitar pukul 5.50 pagi dan menyebabkan dua orang terluka akibat pecahan kaca, dikuti dari AFP

Seorang juru bicara pemadam kebakaran Berlin mengatakan, masih belum jelas apa yang menyebabkan akuarium itu meledak dan pecah.

“Sekitar 350 orang yang menginap di hotel tersebut diminta untuk mengemasi barang-barang mereka dan meninggalkan gedung,” kata juru bicara pemadan kebakaran.

“Bus dikirim ke kompleks untuk memberikan perlindungan bagi orang-orang yang meninggalkan hotel karena suhu di luar kota Berlin -7 derajat Celsius,” Kata polisi

Pihak hotel mengumumkan ke anggota klub loyalitas Radisson Rewards, bahwa Radisson Collection Hotel Berlin ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Layanan darurat juga menutup jalan utama di sebelah kompleks yang mengarah dari Alexanderplatz menuju Gerbang Brandenburg karena banyaknya air yang membanjiri gedung.

BACA JUGA:  Emping Jagung Rasa Andaliman Oleh-oleh Khas Danau Toba
Jalan di luar hotel setelah kebocoran akuarium AquaDom di pusat Berlin dekat Alexanderplatz hari ini. (FOTO: Daily Mail)

Rekaman yang dibagikan oleh tamu hotel di media sosial pada hari Jumat menunjukkan kerusakan parah pada akuarium, dengan hanya kerangka yang masih berdiri. Kaca jendela yang pecah dan furnitur yang rusak berserakan di dekat tempat kejadian.

“Lebih dari 100 pekerja berada di tempat kejadian membersihkan puing-puing yang berserakan dan anjing penyelamat dikerahkan untuk mencari siapa saja yang mungkin terjebak di bawah puing-puing di gedung itu,” kata dinas pemadam kebakaran Berlin.

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *