Presiden RI Dianugerahi Global Leadership Awards Atas Perannya di G20

Interestnews,- Presiden RI dianugerahi penghargaan Global Leadership Award. Anugerah tersebut diberikan oleh Komunitas Hubungan Internasional Indonesia, yang terdiri dari Foreign Policy Community Indonesia  (FPCI) dan sejumlah asosiasi lainnya, yaitu Pemuda Muhammadiyah, Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII), Purna Paskibraka Indonesia DKI Jakarta, dan Indonesia Diaspora Network Global (IDNG).

Penghargaan tersebut diberikan karena  peran Jokowi selama presidensi Indonesia di Forum G20 pada tahun 2022.  penghargaan tersebut nantinya akan diberikan secara resmi kepada Presiden Jokowi dalam Conference on Indonesian Foreign Policy (CIFP) pada Sabtu, 26 November mendatang di The Kasablanka, Jakarta.

CIFP 2022 akan mengangkat tema ‘Navigating A Turbulance Ocean’ yang dipakai untuk menstimulasi diskusi mengenai tantangan berat diploma bebas aktif Indonesia dalam mencari peran dan posisi yang tepat dalam dunia yang semakin bergolak, terbelah dan tidak menentu.

Pendiri dan pemimpin FPCI Dino Patti Djalal mengatakan bahwa Dalam delapan tahun terakhir, ini prestasi terbaik dari politik luar negeri Presiden Jokowi. Dalam delapan tahun terakhir ini banyak kegiatan politik luar negeri yang berkaitan dengan berbagai hal, tapi menurut saya ini yang paling signifikan.

Menurutnya, Keberhasilan presidensi Indonesia di G20, di tengah situasi dunia yang berada dalam sebuah krisis, merupakan sesuatu yang patut diapresiasi, karena itu bukanlah sebuah capaian kecil.

“Saya rasa sejarah Indonesia juga akan mencatat presedensi G20 ini sebagai suatu momen emas dalam politik luar negeri RI, jadi kita ingin publik tahu bahwa ini bukan satu hal sepele, tetapi benar- benar suatu hal yang patut diapresiasi dan bahkan membanggakan,” kata dino.

“Penghargaan ini diberikan agar publik mengetahui konteksnya dan merupakan apresiasi capaian politik luar negeri Indonesia,” sambung dia.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Beri Tiga Tugas Ke Luhut

 

 

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *