UMKM sebagai Tulang Punggung Perekonomian Indonesia

INTERESTNEWS — UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) memegang peranan penting sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia. Presiden Joko Widodo menyampaikannya pada acara Pemberian NIB pelaku UMKM.

Pemberian NIB pelaku UMK perseorangan pada 2022 ini berlansung di Gedung Olahraga Nanggala Kopassus Jakarta, Rabu (13/7/2022). Presiden menginstruksikan pemerintah daerah untuk mendorong pengusaha UMKM mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan mempercepat prosesnya.

Saat ini, penerbitan izin usaha UMKM sudah di angka 7.000-8.000 per hari, tetapi Presiden meminta supaya bisa 100.000 izin per hari.

“Kita memiliki 65,4 juta UMKM, sekali lagi 65,4 juta UMKM. Ini data per 2021 dan kontribusi terhadap perekonomian kita, PDB kita, besar sekali 61%. Karena itu, pemerintah kalau tidak mengurus UMKM, keliru, salah besar. Karena kontribusi terhadap ekonomi nasional 61% dan penyerapan tenaga kerja 97%.

Jika sudah punya NIB, UMKM mendapatkan banyak kemudahan. Selanjutnya, para pelaku UMKM menjual produknya, memanfaatkan platform daring untuk mendongkrak omzet jualannya.

“Digitalisasi UMKM ini penting agar ruang untuk memasarkan produk mereka semakin lebar.” ujar Presiden.

“Izin ini penting sekali. Saya sudah cek saat OSS (Online Single Subsmission) jadi. Apakah benar yang namanya NIB ini cepat? NIB ini cepat kalau kita ingin mengajukan. Saat itu saya melihat cepat, tetapi nanti mau saya cek lagi. Apakah sampai saat ini masih cepat kalau kita minta NIB?” ucap Kepala Negara.

Presiden sangat antusias karena saat ini banyak produk-produk UMKM yang mempunyai kualitas yang baik. Presiden juga minta agar para pelaku UMKM meningkatkan kualitas produknya, mulai dari kemasan, desain, dan materialnya agar dapat segera masuk ke pasar ekspor. Jadi memang benar UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia. (IN)

Mari Bagikan
BACA JUGA:  Firman Soebagyo: Produksi Pangan Harus Meningkat, Mengurangi Impor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *