Telur Waringin Salatiga Aman Dikomsumsi Tiap Hari

interestnews,- Telur merupakan makanan hewani yang aman dikomsumsi, mengandung hampir semua zat gizi makro dan mikro. Putih telur merupakan sumber protein, vitamin B2, B6, B12, dan selenium. Telur juga termasuk bahan makanan yang mengandung gizi paling lengkap. Sepertinya telur menjadi makanan favorit semua orang di dunia ini.

Telur ayam ras (broiler), ayam kampung, dan bebek mengandung zat gizi dengan jumlah yang berbeda. Akan tetapi, ketiganya sama-sama didominasi oleh protein dan lemak, serta memiliki beragam vitamin dan mineral dalam jumlah tertentu.

Manfaat Telur Bagi Kesehatan:

Menjaga kesehatan mata

Telur mengandung dua antioksidan lutein dan zeaxanthin bermanfaat bagi kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin yang Anda dapatkan dari telur biasanya terkumpul pada retina dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari. Beberapa penelitian lama juga menunjukkan bahwa lutein dan zeaxanthin membantu mengurangi risiko penyakit katarak dan degenerasi makula. Keduanya merupakan penyakit yang umum menyebabkan kebutaan pada pasien lanjut usia.

Menjaga kesehatan otak

Telur mengandung kolin, yaitu zat mirip vitamin B yang penting dalam perkembangan otak selama kehamilan. Pada sel otak manusia, kolin mempercepat pelepasan protein yang diperlukan dalam pembentukan memori dan beberapa fungsi otak lainnya. Studi menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan banyak asupan kolin cenderung memiliki kemampuan kognitif dan memori yang lebih baik. Cara paling mudah untuk mendapatkan manfaat kolin yakni dengan mengonsumsi telur setiap hari.

Membantu menurunkan risiko penyakit jantung

Selain menurunkan kolesterol jahat, telur dapat meningkatkan jumlah high-density lipoprotein (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik. Orang-orang dengan HDL yang tinggi biasanya berisiko lebih rendah untuk terkena stroke dan penyakit jantung.

Selain membentuk jaringan tubuh dan membantu fungsinya, berfungsi juga menurunkan kadar kolesterol jahat, membantu menjaga berat badan, menguatkan sistem imun dan lain sebagaianya.

BACA JUGA:  Membersihkan Timun Bebas Bakteri

Kandungan gizi beberapa jenis telur juga diperkaya dengan asam lemak omega-3 yang mampu menurunkan trigliserida darah. Penurunan kadar trigliserida akan mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah yang menjadi cikal bakal penyakit jantung.

Telur memiliki citra rasa yang sedap

Adakah Dapat mengkomsumsi Telur Lebih Dari Sebutir Perhari?

Bagi orang yang tidak memiliki kolesterol dan masalah kesehatan khusus maka diperbolehkan mengonsumsi telur setiap hari atau tujuh telur dalam seminggu. Bahkan, bagi seseorang yang tidak memiliki masalah kesehatan juga masih diperbolehkan mengonsumsi telur hingga tiga butir dalam sehari.

Perhatikan Kondisi

Bagi penderita penyakit diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau mengalami masalah dengan kolesterol darah. Tetap boleh makan telur, tapi sebaiknya batasi agar tidak lebih dari tiga kali dalam seminggu.

Hindari pula mengonsumsi telur bila Anda memiliki alergi. Gejala alergi telur antara lain muncul ruam pada kulit, gatal-gatal, dan sakit perut. Jangan abaikan gejala yang ringan sekalipun karena alergi dapat bereaksi parah pada beberapa orang.

Telur kuning kembar memiliki kandungan protein dua kali lipat

Apakah Telur Kuning Kembar Berbahaya Bila Dikomsumsi?

Telur yang memiliki bagian kuning kembar mengandung dua kali lipat protein, kolesterol, dan nutrisi lainnya daripada telur biasa.

Hal terpenting yang harus diperhatikan agar menjamin keamanan bahan pangan, simpanlah telur dalam kulkas segera setelah Anda membelinya. Jangan menyimpan telur dalam suhu ruangan ataupun mencucinya. Penyimpanan dan pengolahan yang tepat akan menjaga manfaat dan kualitas telur.

Namun, jika ingin merebus telur utuh agar mudah mengupasnya, biarkan telur selama 3 hari di suhu ruangan jangan masukkan ke dalam kulkas. Agar setelah merebusnya sangat mudah mengupasnya. Telur baru, apabila direbus akan mengalami kesulitan untuk mengupasnya dan rasanya kurang maknyus.

Cara memasak atau merebus telur agar meningkatkan rasa dan hasil yang memuaskan cobalah untuk merebus telur bersama cangkangnya ke dalam air mendidih. Biarkan rebusan selama 6-10 menit, sesuai selera. Semakin lama direbus, maka bagian kuning pada telur akan semakin matang dan terlihat berwarna terang. (**)

BACA JUGA:  Titik Temu Demo Para Nelayan Kota Tegal
Telur Waringin Salatiga Aman Dikomsumsi Tiap Hari

 

 

 

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *