Penganugerahan Gelar Kehormatan Keraton Surakarta Hadiningrat

INTERESTNEWS — Kekancingan atau Penganugerahan Gelar Kehormatan Keraton Surakarta Hadiningrat berlangsung hari Sabtu (18/6/2022) di Pendopo Pemda Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Puluhan peserta wisudawan dan tamu undangan memenuhi ruangan pendopo tersebut.

Sebanyak 43 wisudawan menerima pemberian penganugerahan gelar kehormatan tersebut. Mereka berasal dari masyarakat di wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Drs. GRAy Koes Moertiyah, MPd, selaku Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta Hadiningrat, langsung menyematkan penganugerahan gelar kehormatan tersebut. Ia dengan antusias memberikan semangat dan motivasi agar para wisudawan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Dalam pidatonya beliau mengatakan bahwa para peserta kekancingan diharapkan mampu menjaga dan melestarikan budaya Jawa yang bersumber dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

“Harapan saya agar para wisudawan dapat menjaga dan melestarikan budaya Jawa yang bersumber dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Selama ini budaya Jawa sudah mulai terdesak oleh budaya asing (manca negara). Bahkan kadang orang Jawa sendiri sebagian sudah lupa dengan budaya Jawanya. Oleh sebab itu, marilah kita semua yang ada di sini para peserta kekancingan, wisudawan, untuk dapat menjaga dan melestarikan budaya yang sangat luhur ini,” tegas Dra. GRAy Koes Murtiyah, MPd.

Kekancingan atau penganugerahan gelar bangsawan ini adalah penghargaan atas dedikasi seseorang yang cinta dan peduli pada pelestarian kebudayaan Jawa. Biasanya pihak Lembaga/Dewan Adat Kraton, baik dari Kraton Surakarta maupun Yogyakarta, memberikan gelar kehormatan tersebut sesuai dengan kriterianya masing-masing.

Pewarta: Warsino

Mari Bagikan
BACA JUGA:  Kirab Obor Pesonas Tiba di Kabupaten Klaten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *