Membersihkan Timun Bebas Bakteri

INTERESTNEWS — Kebanyakan orang mengomsumsi timun mentah tanpa mengupasnya. Tahukah Anda di kulit timun mudah bersarang bakteri? Bakteri tersebut tidak dapat hilang hanya dengan mencuci pakai air mengalir. Bagaimana membersihkan timun bebas bakteri? Ikuti kiat berikut ini.

Dalam hal mencegah penyakit pada manusia, kita mengonsumsi timun. Timun memiliki banyak manfaat seperti mengurangi risiko penyakit kronis, menjaga kesehatan usus, menurunkan kadar gula, melancarkan pencernaan, mencegah dehidrasi, menguatkan tulang. Selain itu, timun bagus juga untuk membantu menurunkan berat badan dan obesitas (kegemukan).

Meskipun timun banyak manfaatnya bagi tubuh dan kesehatan manusia, tetapi kita perlu waspada juga saat kita mengonsumsi timun. Kita perlu memperhatikan dan berhati-hati terhadap bakteri yang mudah bersarang pada timun. Hal ini dapat membuat timun kehilangan manfaatnya.

Untuk menghilangkan bakteri yang melekat pada permukaan kulit luar timun, berikut tips atau kiat cara membersihkan timun bebas dari bakteri.

  1. Kita menaruh timun dalam wadah yang dapat terendam air. Masukkan secukupnya tepung terigu. Bilas pada timun dengan menggosok-gosokkan berulangkali. Kemudian bilas dengan air mengalir hingga bersih.
  2. Taruh timun dalam wadah yang dapat terendam air tersebut dan kita berikan soda kue secukupnya sama seperti tepung bilas pada timun.
  3. Bersihkan dengan garam.

Ketiga bahan ini berfungsi sebagai absorpsi residu yang mematikan bakteri sehingga timun aman dikomsumsi maupun diolah. (*)

Mari Bagikan
BACA JUGA:  Stop Anak Lahir Stunting, Kolaborasi BKKBN dan PGI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *