Hati-hati Hepatitis Akut, Lindungi Anak Kita Seru Ganjar

INTERESTNEWS — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serukan: “Hati-hati hepatitis akut, lindungi anak-anak kita.” Ganjar merespons atas kebijakan Presiden Joko Widodo terkait pelonggaran aturan pakai masker di luar ruangan. Meski begitu, sesuai arahan presiden juga, dalam pelaksanaanya, masyarakat harus bijaksana.

“Kita menyambut gembira keputusan Presiden Joko Widodo terkait pelonggaran aturan pakai masker di luar ruangan. Kalau ada kerumunan, sebaiknya tetap memakai masker. Kalau kerumunan tidak banyak, menurut saya, tidak pakai masker tidak apa-apa. Jadi, dalam penerapannya masyarakat tetap harus melihat situasi dan kondisi,” sarannya.

Pasien yang dirawat di salah satu rumah sakit terpapar Hepatitis

Sepakat dengan pernyataan beberapa pakar, Ganjar meyakini bahwa memakai masker tidak hanya melindungi diri dari Covid-19 tetapi juga penyakit lain. Salah satunya, hepatitis akut yang baru-baru ini muncul dan menjangkiti anak-anak. Sampai saat ini kita memang belum mengetahui secara pasti terkait cara penularannya, tetapi ada dugaan bisa menular melalui saluran cerna dan pernapasan.

“Itu kan juga ada anak-anak yang potensi bisa terkena hepatitis akut. Sampai saat ini belum ada penjelasan dari otoritas kesehatan yang menyampaikan bagaimana model penularan dan sebagainya. Jadi kita harus hati-hati hepatitis akut untuk melindungi anak-anak kita,” kata Ganjar.

Menurutnya situasi Covid-19 saat ini sudah menurun. Di Jawa Tengah sendiri hampir semua daerah tidak ada penambahan kasus yang signifikan. Rumah sakit juga mulai tidak merawat pasien Covid-19.

Kalau di tempat terbuka, lari-lari, naik sepeda, maskernya tidak saya pakai. Tapi ketika kita agak tidak enak badan, segera kita pakai masker, sehingga kita bisa memproteksi (orang lain), jelas Gubernur

“Covid-19 saat ini sudah melandai, tetapi dengan pengalaman kita hampir tiga tahun, kita sadar diri kapan harus memproteksi diri. Kalau di tempat terbuka seperti hari ini, saya lari-lari, maskernya tidak saya pakai. Tapi ketika kita agak tidak enak badan, segera kita pakai masker, sehingga kita bisa memproteksi (orang lain),” jelasnya. (ls)

Mari Bagikan
BACA JUGA:  Juliyatmono Beri Bantuan Korban Bencana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *