Presiden Jokowi Gelar Ratas Terkait Peningkatan Produksi dan Hilirisasi Produk Pangan

Interestnews,-Presiden Joko Widodo  .Presiden Joko Widodo mengelar rapat terbatas (ratas) bersama sejumblah Menteri Kabinet Indonesia Maju, pada senin, 10 juli 2023. Di Istana Merdeka, Jakarta Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi dalam keterangannya mengatakan bahwa rapat tersebut membahas, sejumlah hal
terkait pangan, mulai dari El-Nino hingga hilirasi pangan.

“Yang di bicarakan adalah terkait El-Nino, kemudian yang berikutnya Presiden Joko Widodo lagi mempersiapkan peningkatan produksi khususnya produksi pertanian pangan, dan yang berikutnya lagi adalah untuk hilirasi dari pangan tersebut,” ujar Arief kepada awak media usai mengikuti Ratas di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Presiden Joko Widodo mengatakan hal yang Terkait dengan pangan, Arief mengatakan bahwa pemerintah telah
mengatur pembagian tugas terkait sejumlah bidang pangan.
Perum bulog ditugaskan untuk mengatur beras,jagung dan keledai.
sedangkan produk lainnya yang terdapat dalam Perpres Nomor 66
Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional akan di atur oleh
BUMN bidang pangan,yaitu ID Food.

Selain itu ratas tersebut juga membahas terkait skema perdanaan murah yang sedang di persiapkan oleh Kementerian Keuangan.Arief menyebut bahwa skema perdanaan tersebut nantinya akan di berikan dalam bentuk pinjaman.

“Ada penjamin dari Menteri Keuangan kemudian akan di berikan kepada Himbara (Himpunan Bank Milik Negara).Himbara memeberikan kepada BUMN di bidang pangan, yang pertama adalah Bulog, yang satunya adalah ID Food.” ungkap Arief.

Sementara itu berdasarkan data yang di terima, tercatat bahwa inflasi berada di posisi yang stabil yaitu 3,5 persen. Presiden Jokowi pun minta jajarannya untuk mempertahankan atau menurunkan angka inflasi tersebut.

“Sehingga tetap inflasi itu tetap di bawah dari pertumbuhan ekonomi,” tutur Arief (In/Tessa).

BACA JUGA:  PDI-P Jatim Akan Ajak Ganjar Temui Kiai NU untuk Naikkan Elektabilitas Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PDI-P Jatim Akan Ajak Ganjar Temui Kiai NU untuk Naikkan Elektabilitas

 

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *