Wisata Nepal van Java, Viral di Medsos Asyik Dikunjungi

INTERESTNEWS — Wisata Nepal van Java menjadi berita viral di medsos (media sosial) akhir-akhir ini. Wisata ini semakin menyebar luas. Pengunjung pun terus berdatangan, Jumat (4/3/2022). Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tepatnya di Kaliangkrik.

Masyarakat Jawa Tengah seyogyanya sangat berbangga memiliki kekayaan wisata alam yang melimpah ruah. Masa pendemi ini tidak perlu jauh ke luar pulau atau luar negeri karena pembatasan.
Alamnya yang subur, sejuk dengan pemandangan alam yang indah mempesona. Hal ini akan menambah momen kebahagiaan apabila mengambil waktu rehat (refreshing) bersama sahabat, keluarga dan handai taulan. Tentu kita tetap menjaga anjuran pemerintah. Hal ini untuk menjagai kita semua. Mari kita saling menjaga satu dengan yang lain.

Pemerintah lewat dinas pariwisata tampak konsen dengan meningkatkan geliat wisata untuk terus meroket di Jawa Tengah. Ini sebagai salah satu upaya untuk menggerakkan roda pertumbuhan ekonomi terus bergerak dinamis. Selain Rowo Jombor, tidak ada salahnya kita menengok beberapa referensi tempat wisata yang tengah viral, yaitu: Neval van Java.

Sejak 2019 banyak orang mulai membicarakan tempat ini. Pesona pemandangannya yang indah menjadikan banyak pengunjung ingin datang dan menyaksikan sendiri pemandangan mirip seperti di Nepal. Hingga hari ini tetap hits.

Tidak hanya pemandangan yang luar biasa, pengunjung juga dapat berfoto di tempat swafoto (selfie) yang tersedia atau berfoto di ikon Dusun Butuh, yakni Naga. Nepal van Java mulai buka pukul 07:00–17:00, dan tiket masuk tergolong murah, hanya Rp8 ribu. Cukup ramah untuk kantong.

“Harga masih terjangkaulah. Masih lebih mahal bakso. Cukup ramah untuk kantong daripada kita pergi jauh ke luar pulau atau luar negeri. Tempat ini keren dan asyik, tergantung bagaimana kita menikmati dan menangkap setiap lukisan alam dengan permainan kamera kita. Ini pakai HP (telepon seluler), tetapi keren kan? Selfie pakai HP biasa hasilnya cukup lumayan,” ujar salah satu pengunjung sambil tertawa memamerkan foto-foto di telepon selulernya.

BACA JUGA:  Desa Wisata Dieng, Kaya Pesona Alam dan Budaya

Desa Wisata

Istilah Nepal van Java belakangan ini sedang bergaung di ranah industri pariwisata Indonesia. Menjadi sorotan bagi pecinta wisata dan travelling.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) sedang menggaungkan konsep Desa Wisata. Hal ini memang mengingat ribuan desa yang tersebar di seluruh Indonesia sebagian besar memiliki potensi wisata dan ekonomi kreatif yang dapat kita kembangkan.

Nepal van Java berlokasi di Dusun Butuh merupakan dusun tertinggi di Kabupaten Magelang, yaitu dengan ketinggian 1.600 m dpl (di atas permukaan laut). Letak desa wisata ini berada di lereng Gunung Sumbing, dan rumah-rumah penduduknya terlihat bertumpuk khas perumahan di negeri Nepal.

Berkunjungkah saat cuaca sedang cerah, sehingga kita dapat melihat langsung keindahan Gunung Sumbing yang menjadi latar belakang Dusun Butuh.

Kita mulai menjelajahi kampung, berkeliling ke desa, dan merasakan suasana yang asri dan ramah. Kita dapat mengikuti aktivitas sehari-hari warga sedang bercocok tanam atau memetik sayur sendiri.

Nepal van Java juga melengkapi diri dengan berbagai spot Instagramable yang dapat kita gunakan untuk berfoto dan membagikannya di media sosial. Beberapa tempat tersebut ada di Gapura Dusun, Teras Nepal, Taman Depok, Teras Masjid, hingga Gapura Pendakian.

Usai menyusuri dan menjelajahi, kita dapat bersantai sambil menyeruput secangkir kopi kehangatan. Ada kedai-kedai kopi menawarkan pemandangan indah 360 derajat. Jika Anda ingin menikmati sunrise (matahari terbit) yang indah, desa wisata Dusun Butuh terdapat beberapa homestay yang nyaman. Homestay ini dapat menjadi tempat beristirahat, sambil menunggu waktu matahari mulai menyingsing.

Rute Menuju Wisata Nepal van Java

Rute yang kita pilih ada dua, yaitu: melalui Yogyakarta dan Semarang. Bedanya, jika dari Yogyakarta kita membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sedangkan jika dari Semarang dan menggunakan jalan tol, kita memerlukan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan.

BACA JUGA:  Agro Wisata Jambu Kristal, Pesona Gunung Lawu

Apabila sudah mulai memasuki Kota Magelang, Anda ikuti jalur menuju Pasar Kaliangkrik, yang jaraknya sekitar 12 kilometer. Dari pasar tersebut Anda ikuti jalan hingga tiba di Sekolah Dasar Negeri Desa Temanggung.

Kemudian ambil kanan, dan naik sekitar 6 kilometer ke arah basecamp Sumbing melalui Dusun Butuh, Kaliangkrik. Nantinya Anda bisa menemukan lokasi Nepal van Java, sekitar 400-500 meter sebelum basecamp Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik.

“Kalau naik ojek tergantung lokasi, harga mulai dari 10 ribu sampai  40 ribu. Saya akan mengantar sampai ke atas,” ujar salah satu tukang ojek yang menawarkan jasa.

Nepal van Java terkenal dengan keunikan rumah yang bertumpuk rapi, dengan pemandangan Gunung Sumbing di atasnya. Lokasinya terletak di kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Nepal van Java adalah julukan bagi Dusun Butuh, karena rumah yang bersusun persis seperti di Negara Nepal.

Jika kita tiba di penjaga loket, yang bertugas akan mengarahkan dan memberikan penjelasan. Penjelasan mengenai petunjuk view dan spot foto yang keren dan asyik di atas Gunung Sumbing. Petugas menjelaskan bahwa para pengunjung dari berbagai negara juga mulai berdatangan seperti: Malaysia, Singapura, Amerika, dan lainnya. Mereka selama pendemi tidak kembali ke negaranya.

“Masa pendemi ini memang ada pembatasan dari luar, namun sekarang kami sedang meningkatkan dan menghidupkan kembali tempat-tempat wisata di Jawa Tengah ini,” Ujar Purwanto Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata. (las)

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *