“Kapal Motor Penumpang(KMP) Agung Samudra XVIII Terseret Arus dan Kandas di Perairan Dangkal Gilimanuk-Bali”

interestnews.or.id, –Kapal Motor Penumpang(KMP) Agung Samudra XVIII Terseret Arus dan Kandas di Perairan Dangkal Gilimanuk-BaliM, inggu,11/02/2024(siang).

Kapal Motor Penumpang (KMP)XVIII, Agung Samudra terseret arus dan kandas di perairan dangkal kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Melaya, Jembrana-Bali, Sebanyak 38 orang penumpang dalam kapal itu dievakuasi Tim SAR Gabungan ke Pelabuhan Gilimanuk. Sementara KMP-XVIII yang kandas pukul 13.25 belum dapat dievakuasi.

Informasi yang di peroleh dari KMP Agung Samudra XVIII bahwa sebelumnya KMP berangkat dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur menuju Pelabuhan Gilimanuk-Bali pada pukul 11.15 WIB/pukul 12.15 Wita.

Kapal dinahkodai oleh Suwoko itu mengangkut 4 unit trailer, 3 unit truk besar, 1 unit truk sedang, 2 unit mobil, 5 unit sepeda motor, dan 42 orang penumpang.

Setelah 1 jam berlayar di Selat Bali dan mendekati Pelabuhan Gilimanuk, tiba-tiba terjadi arus kuat yang menyeret kapal keluar dari rute dan ke arah utara. Alhasil, kapal tidak kuat melawan arus kencang berakhir kandas di perairan dangkal dekat lampu merah, berjarak sekitar 1 mil arah barat laut dari Pelabuhan Gilimanuk, sekitar pukul 13.25 Wita.

Setelah terjebak Sempat melakukan Olah Gerak oleh nahkoda dan anak buah kapal (ABK), Namun upaya evakuasi mandiri itu tidak berhasil sehingga meminta bantuan untuk dilakukan evakuasi terhadap penumpang, ungkap Team KMP

Evakuasipun dilakukan oleh Tim SAR Gabungan dari Sat Polairud, TNI AL, dan petugas SAR Jembrana menggunakan sebuah rubber boat, dua unit speed boat dan dua unit RIB.

AKP I Nyoman susanto selaku Kasat Pol Airud Polres Jembrana, mengatakan evakuasi dilakukan kepada 38 orang dari 42 orang penumpang KMP. penumpang itu dievakuasi ke Dermaga Teluk Gilimanuk, selanjutnya diarahkan menunggu di Kantor ASDP Pelabuhan Gilimanuk. Sementara 4 orang penumpang lainya beserta para ABK memilih tetap menunggu di kapal.
“Evakuasi berjalan lancar. Semua penumpang selamat,” ujar AKP Arnama. (umbu)

Mari Bagikan
BACA JUGA:  Sorgum, Solusi Ketahanan Pangan Di NTT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *