Jelang Puasa, Presiden Longgarkan Aturan Mudik

INTERESTNEWS — Jelang Puasa, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melonggarkan aturan mudik. Ini karena perkembangan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia terus membaik. Jadi pemerintah memutuskan untuk mengambil beberapa langkah pelonggaran, antara lain terkait kebijakan pelaku perjalanan dari luar negeri (PPLN). Mereka kini tidak perlu melewati karantina, tetapi hanya melakukan tes usap PCR.

Jokowi menyampaikannya terkait PPLN dan Panduan Protokol Kesehatan Ramadan dan Idul Fitri 1443H, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

“Pelaku perjalanan dari luar negeri yang tiba melalui bandara di seluruh Indonesia tidak perlu lagi harus melewati karantina. Namun, pemerintah tetap mewajibkan pelaku perjalanan yang tiba dari luar negeri untuk melakukan tes usap PCR. Kalau tes PCR-nya negatif, silakan langsung keluar dan bisa beraktivitas. Kalau tes PCR-nya positif, Satgas Covid-19 akan menanganinya,” ujar Presiden.

Lebih lanjut, Kepala Negara mengatakan bahwa situasi pandemi yang membaik juga membawa optimisme menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Kepala Negara menyampaikan, tahun ini umat muslim dapat kembali menjalankan ibadah salat tarawih berjemaah di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta dapat melakukan mudik Lebaran.

“Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran juga dipersilakan, juga diperbolehkan dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster. Protokol kesehatan yang ketat tetap,” ungkapnya.

Sementara itu, bagi para pejabat dan pegawai pemerintah, kegiatan buka puasa bersama dan gelar griya (open house) belum boleh. Presiden pun kembali mengingatkan pada jelang puasa ini tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan berharap tren yang makin membaik ini dapat terus dipertahankan.

“Saya minta kita semuanya tetap menjalankan protokol kesehatan, disiplin menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan jaga jarak,” tandasnya. (BPMI Setpres)

Mari Bagikan
BACA JUGA:  Sumpah Pemuda ke-93: Momentum Bentuk Pemuda Berintegritas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *