Desa Ngargoyoso Mempersiapkan Diri Menuju Kawasan Desa Wisata

INTERESTNEWS — Desa Ngargoyoso adalah desa yang kaya akan sumberdaya mineral, baik sumber air pasir batu maupun sumberdaya alam lainya. Letak geografis berada di perbukitan kaki gunung Lawu. Desa ini mulai tergerak untuk menyusul dan mengikuti desa wisata lainya yang sudah ada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Saat ini Waluyo sebagai Kepala Desa Ngargoyoso membidik salah satu air terjun alami yang ada di daerahnya. “Air terjun ini dapat menjadi desinasi wisata air,” ujar Waluyo, Jumat (25/3/2022). Dengan adanya air terjun ini, Waluyo merencanakan ingin membuat river tubing dari lokasi air terjun. Airnya akan mengalir sampai ke muara kolam besar utama yang saat ini sedang dalam pembuatan.

Di samping itu, sudah ada juga fasilitas pendukung lainnya, yaitu: alun-alun mini yang nantinya akan menjadi terminal wisata di Desa Ngargoyoso. Saat ini alun-alun mini ini menjadi tempat kegiatan masyarakat berupa ruko-ruko, rumah makan, dan sarana olahraga. Bahkan di alun alun ini sudah menghasilkan pendapatan asli desa (PAD) melalui penyewaan Pertashop.

Pihak yang nantinya akan mengelola kawasan wisata ini dari Bumdes (Badan Usaha Milik Desa). Bumdes sendiri sudah mempersiapkan diri dari segi SDM-nya. Bumdesa Ngargoyoso yang bernama Parikesit ini sudah mempunyai usaha pengadaan wifi masuk desa untuk memenuhi kebutuhan internet warganya. Pemrakarsanya adalah Direktur Bumdesa Parikesit Vhera Muurtiastuti S.Pd.

Karena letak geografis yang berbukit bukit, warga sangat terbantu dengan adanya jaringan internet masuk desa ini. Hampir semua kegiatan usaha warga menggunakan jaringan internet untuk bisnis dan komunikasi. Bumdes Parikesit ini di saat masa PPKM sudah bisa berbagi kepada warga desa dengan mengadakan paket sembako murah.

BACA JUGA:  Desa Wisata Lerep, Pesona Air Terjun di Musim Hujan

Pewarta: Agung

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *