Candi Borobudur Berbenah untuk Tarik Wisman

INTERESTNEWS — Candi Borobudur beberapa tahun terakhir ini terus berbenah agar dapat menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) lebih banyak lagi. Karena itu, pemerintah terus memperbaiki infrastruktur dan mempercantik kawasan Borobudur di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Saat meninjau Candi Borobudur, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa selama dua tahun terakhir, pemerintah terus mengerjakan perbaikan besar, Rabu (30/3/2022).

“Dalam dua tahun ini memang kita melakukan perbaikan besar terhadap lingkungan di Candi Borobudur. Jalan-jalan di sekitar Borobudur kita perlebar. Kemudian juga di dalam Borobudurnya sendiri, untuk masuk ke arah candi juga kita percantik. Apapun ini adalah salah satu dari destinasi wisata prioritas yang ingin kita perbaiki,” ujar Presiden dalam keterangan persnya.

Setelah pemerintah membenahi infrastruktur di kawasan Borobudur, sudah saatnya pengelola Borobudur memperbanyak pagelaran seni budaya secara rutin di Candi Borobudur. Presiden Jokowi  memandang penting penyelenggaraan ajang-ajang seni budaya tersebut karena dapat menarik banyak wisman mengunjungi Indonesia.

Lebih lanjut, Kepala Negara mempersilakan masyarakat yang ingin berwisata ke Borobudur pada momen libur Lebaran tahun ini. Namun demikian, Jokowi tetap mengingatkan agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan selama mudik dan berwisata.

“Tidak masalah yang paling penting saat mudik, pertama kalau berwisata jangan lupa protokol kesehatan, utamanya memakai masker. Kedua, sudah harus vaksin lengkap, termasuk vaksin penguat (booster) karena ini untuk melindungi kita semuanya, untuk menjaga kita semuanya,” pungkasnya.

Menurut data pemerintah, setidaknya 79 juta orang menyatakan ingin mudik pada Lebaran tahun ini. Oleh karena itu, Presiden mengingatkan agar penanganannya harus hati-hati karena menyangkut jumlah yang tidak sedikit.

Dalam kunjungan Presiden meninjau Candi Borobudur tersebut, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dan Kepala Balai Konservasi Borobudur Wiwit Kasiyati turut mendampinginya.

BACA JUGA:  Lansia Tertua Mbah Tarmi Peserta Vaksinasi Covid-19 Tegal

Pewarta: Boy Tonggor Siahaan

Mari Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *