Bus Listrik TransJakarta Sudah Beroperasi

INTERESTNEWS — Warga metropolitan DKI Jakarta sudah dapat menikmati fasilitas baru Bus Listrik TransJakarta. Bus Listrik TransJakarta sudah resmi beroperasi sejak Selasa (8/3/2022). Dalam ujicoba pengoperasiannya, PT Transportasi Jakarta mulai mengoperasikan bus listriknya di kawasan DKI Jakarta, untuk melayani penumpang rute Blok M-Balaikota.

Lebih lanjut, Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan Kemitraan TransJakarta Iwan Samariansyah mengatakan operasional bus Transjakarta ini masih gratis selama 3 bulan ke depan. Mumpung masih gratis, warga Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi) boleh memanfaatkannya sebelum pemberlakuan tarif baru untuk bus listrik ini. Namun demikian, jumlah penumpangnya terbatas 20 orang karena pembatasan protokol kesehatan masa pandemi. Bus listrik ini mampu mengangkut penumpang hingga 45 orang (kondisi normal), baik yang duduk maupun berdiri.

Sebanyak 30 unit bus listrik merek BYD dari China ini terbatas melayani empat rute. Bus tanpa emisi ini merupakan buatan BYD tipe K-9 low deck dengan spesifikasi panjang 12 meter. Baterai bus ini berkapasitas 324 kWh dan jangkauan maksimal 250 km per hari. Sementara itu, konsumsi daya maksimumnya 1,3 kWh per km. Bus ini juga punya pengisian daya model DC plug in.

Pihak pengelola TransJakarta dapat melakukan pengisian daya baterai bus ini pada malam hari di depo setelah operasi selesai. Menurut mereka, durasi pengisian daya bus ini sekitar 1,5-2 jam.

Kehadiran bus listrik dalam layanan Transjakarta dapat mengurangi polusi suara 28% ketimbang armada konvensional.

Pewarta: Boy Tonggor Siahaan

Mari Bagikan
BACA JUGA:  Vaksin Covid-19 Penguat Antibodi bagi 80 Ribu Lansia di Tangerang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *